Wapres: Booster Akan Dijadikan Syarat Mudik Lebaran 2022

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menyebut booster (vaksin ketiga) akan dijadikan syarat untuk mudik Lebaran 2022.

Hal itu diungkapkan Wapres usai meluncurkan digitalisasi pertanian di Pondok Pesantren atau Kopontren Al-Ittifaq, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/3/2022).

“Nanti booster itu kita ingin jadikan sebagai syarat kalau nanti orang mau mudik. Selain vaksinasi sudah lengkap, dua kali, juga harus sudah dibooster,” ungkap Wapres.

Selain itu, Wapres mengatakan dengan mulai terkendalinya Covid-19, maka ibadah bulan Ramadhan pun akan semakin dilonggarkan. Bahkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah membuat fatwa tentang ibadah saat Ramadhan.

“Saya kira karena pandemi sudah mulai turun, anggap sudah hampir terkendali dan semua sudah dibuka bahkan sudah tidak lagi ada karantina, maka tempat ibadah pun sudah dimulai berikan kelonggaran dan sudah ada fatwa dari majelis ulama untuk bisa menyelenggarakan ibadah seperti biasa,” papar Wapres.

Namun, Wapres menekankan masyarakat agar tetap menaati protokol kesehatan (prokes) mengingat pandemi belum berakhir.

“Cuma memang harus tetap menaati protokol kesehatan, seperti menggunakan masker terutama. Kemudian mencuci tangan dan juga vaksinasi. Ini vaksinasi menjadi penting karena untuk kekebalan komunitas itu kan salah satu faktor pentingnya adalah yaitu vaksinasi. Kemudian yang lansia akan terus didorong,” tegas Wapres.

Sumber: Sindonews