Proses 'Ajaib' Pembangunan Musholla Baitul Makmur di Desa Cermo Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali

Proses pembangunan Musholla Baitul Makmur di Desa Cermo Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Jawa Tengah ini selalu meninggalkan senyum bahagia. Sepertinya hampir seluruh kisah yang menyertainya adalah kisah bahagia penuh teladan. Wajar saja jika pembangunannya sangat cepat.

Musholla mulai dibongkar tanggal 19 September 2021. Kemudian selesai dikerjakan pada 24 Desember 2021. Jadi pengerjaannya hanya dalam waktu 3 bulan saja. Sebuah waktu yang cukup singkat.

Rahasia dibalik cepatnya pembangunan musholla adalah: kerukunan dan kekompakan warga Desa Cermo. Hampir setiap hari mereka datang kerja bakti dengan suka cita. Namanya kerja bakti itu tidak dibayar. Tapi mereka tak mempermasalahkannya. Bahkan sering lembur hingga larut malam.

Kami sendiri tidak menyangka proses pembangunan bisa secepat ini. Kerukunan, kekompakan, keringantanganan, dan ketulusan warga Desa Cermo adalah rahasia mengapa pintu langit terbuka lebar. Rahasia mengapa donasi mengalir lancar tanpa hambatan.

Kami menjadi saksi betapa mudahnya pembangunan musholla cantik ini. Donasi uang ataupun material datang sendiri bagai ditarik sebuah magnet besar. Ada yang menyumbang herbel (sejenis batako), semen, pintu, genteng, keramik geranit, bahkan hingga makanan. Tentunya juga uang.

Yang paling fenomenal adalah donatur dari Semarang. Tanpa ragu dia menyumbangkan uang sebesar 95 juta. Beliau hanya sekali datang ke lokasi musholla untuk survei. Dan beliau langsung jatuh cinta dengan profil warga Desa Cermo. Merasakan aura positif dan ketulusan warga desa. Itulah mengapa beliau tak ragu berdonasi dalam jumlah besar.

Jika dihitung total, baik uang maupun bahan material yang masuk, musholla cantik ini menelan biaya Rp250 juta. Sebuah nominal yang normal. Karena dulu pembanguanan musholla Padas juga menelan biaya di kisaran yang sama.

Jika diperhatikan dengan jeli, arsitektur musholla Padas dan musholla Cermo memang mirip. Karena panitianya juga sama 😀.

Insya Alloh Musholla Baitul Makmur Desa Cermo ini akan dimakmurkan dengan baik sebagaimana musholla Desa Padas. Kultur masyarakatnya hampir sama. Yaitu masyarakat yang ramah dan rukun. Mereka mudah diarahkan, tidak pernah ngeyel. Insya Alloh akan ada tim yang berniat rutin mengisi kajian disana. Agar musholla makmur dan pahala jariyah senantiasa mengalir untuk para donatur.

Jazakumullohu ahsanal jaza kepada seluruh fihak yang berkontribusi dalam pembangunan Musholla Baitul Makmur Desa Cermo ini. Semoga dalam setiap aktifitas ibadah di musholla ini akan tercatat nama anda di dalamnya, aamiin...

Dengan ini dinyatakan pembangunan Musholla Desa Cermo sudah selesai. Dan donasi ditutup.

Barakallahufiikum 🙏