Masjid Raya Sumbar Dinobatkan Sebagai Masjid dengan Desain Terbaik Dunia

[PORTAL-ISLAM.ID]  Masjid Raya Sumatera Barat di Padang dinobatkan sebagai salah satu masjid dengan desain arsitektur terbaik dunia. Penghargaan tersebut diberikan oleh Abdullatif Al Fozan Award for Mosque Architecture, organisasi non profit yang menyoroti desain atau karya arsitektur masjid di seluruh dunia.

Masjid Raya Sumbar masuk jajaran sebagai salah satu dari 7 masjid dengan arsitektur terbaik di dunia. Masjid kebanggaan masyarakat Minang ini bersaing dengan 201 masjid di 43 negara di dunia. 

Dari 201 desain yang masuk nominasi, kemudian dikurasi lagi menjadi 27, lalu diumumkanlah 7 masjid dengan desain terbaik yang jadi pemenang utama. Masjid Raya Sumbar pun jadi salah satunya.

Adapun yang dinilai dalam penghargaan Abdullatif Al-Fozan untuk Arsitektur Masjid yaitu inovasi dalam perencanaan, desain, dan teknologi yang dapat menjurus ke identitas arsitektur masjid di abad ke-21.

Dalam akun Twitter resminya @AlFozanAward (20/12/2021), Abdullatif Al-Fozan menyebutkan para pemenang dalam kompetisi internasional ketiga di Madinah, lengkap dengan video yang menampilkan kemegahan masjid. 

Berikut daftar pemenang masjid dengan desain terbaik dunia:

1. Masjid Raja Abdullah di Riyadh
2. Masjid Basuna di desa Basuna Sohag Mesir
3. Masjid Al-Ahmar di Bangladesh
4. Masjid Raya Sumatra Barat di Indonesia
5. Masjid Sancaklar di Buyukcekmece Istanbul Turki
6. Masjid Amir Shakib Arslan di Lebanon
7. Masjid Agung Djenne di Mali

[VIDEO]