PROFIL dan AGAMA Jenderal Andika Perkasa

[PORTAL-ISLAM.ID] Jenderal TNI Andika Perkasa tengah menjadi sorotan lantaran ia diajukan Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan surat presiden (Surpes) kepada DPR yang berisi usulan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI. Andika yang saat ini menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun pada akhir November 2021.

PROFIL

Andika Perkasa lahir di Bandung, 21 Desember 1964 dan merupakan lulusan Akademi Militer 1987. 

Ia mengawali karier sebagai perwira pertama infanteri Kopassus Grup 2/Para Komando dan Satuan-81/Penanggulangan Teror (Gultor) selama 12 tahun.

Setelah itu, Andika melanjutkan kariernya ke jajaran perwira menengah dengan menjadi Sespri Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Komandan Resimen Induk (Danrindam) Kodam Jaya/Jayakarta di Jakarta. Lalu, Komandan Resor Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera Kodam I/Bukit Barisan berkedudukan di Kota Sibolga, Provinsi Sumatra Utara.

Karier menantu mantan Kepala Badan Intelejen Nasional (BIN) AM Hendropriyono ini terus meningkat hingga menjadi perwira tinggi bintang satu dengan mendapatkan kepercayaan sebagai Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) pada November 2013. Posisi ini diduduki oleh perwira berpangkat brigadir jenderal.

Selanjutnya, pada Oktober 2014, Andika diangkat menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan pangkat mayor jenderal. 

Tak lama menjabat sebagai Danpaspampres, ia ditunjuk sebagai Panglima Kodam XII/Tanjungpura pada 30 Mei 2016, sebelum kemudian ditarik ke Jakarta memegang Komandan Kodiklat TNI-AD pada 15 Januari 2018.

Enam bulan kemudian, suami Diah Erwiany itu ditunjuk menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis AD (Pangkostrad) yang merupakan sebuah posisi bergengsi di lingkungan TNI AD. 

Pria yang memiliki tubuh berotot dan atletis ini kemudian dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD)  pada November 2018.

Selain memiliki karier militer yang cemerlang, Andika juga dikenal cakap di bidang akademik. 

Dia sempat melanjutkan studi di Universitas Harvard untuk jenjang magister. Lulusan terbaik Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat pada 2000 ini menyabet gelar doktoralnya di Universitas George Washington.

Berikut profil biodata Jenderal Andika Perkasa lengkap:

Nama lengkap : Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D. 

Lahir : Bandung, 21 Desember 1964
Nama Istri : Diah Erwiany
Nama putra : Wiratama Akbar Perkasa

Agama : Islam

Pendidikan:

- The Military College of Vermont, Norwich University di Northfield, Vermont, Amerika Serikat.

- National War College, National Defense University di Washington D.C., Amerika Serikat.

- Harvard University di Massachusetts, Amerika Serikat.

- The Trachtenberg School of Public Policy and Public Administration, The George Washington University di Washington D.C., Amerika Serikat.

- Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat.

- Akmil atau Akademi Militer kecabangan Infanteri.

Sekian informasi profil biodata Jenderal Andika Perkasa.