Gubernur DKI Anies Baswedan Tunjuk Ahmad Sahroni dan Bambang Soesatyo Pimpin Penyelenggaraan Formula E

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui Jakarta Propertindo (Jakpro) menunjuk Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) Ahmad Sahroni sebagai Ketua Pelaksana (Organizing Committee) event balap mobil listrik internasional Formula E atau Jakarta E-Prix.

Sementara, Ketua Umum IMI yang juga Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang menjadi Ketua Panitia Pengarah (Steering Committee) dalam event tersebut.

Keputusan itu diungkap Anies usai mengggelar pertemuan dengan Co-founder Formula E, Alberto Longo, Direktur Utama PT Jakpro Widi Amanasto, Bamsoet dan Ahmad Sahroni di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/11/2021).

"Kami ingin menyampaikan bahwa Alhamdulillah persiapan pelaksanaan Formula E pada tanggal 4 Juni 2022, insya Allah berjalan dengan baik, barusan bersama kita di sini Alberto Longo pimpinan Formula E, Pak Bambang Soesatyo ketua IMI, Bapak Sahroni Sekjen IMI dan Pak Widi Dirut Jakpro," kata Anies dalam keterangan tertulis, Kamis (25/11/2021).

Anies menjelaskan kegiatan Formula E pada tahun depan akan mengadopsi skema kolaborasi. Dengan skema itu, Jakpro tidak sendiri dalam mengorganisir event tersebut, namun berkolaborasi dengan IMI.

"Jadi kegiatan Formula E nanti akan diselenggarakan sebagai sebuah kolaborasi akan ada Steering Committee yang dipimpin langsung Pak Bambang Soesatyo Ketua IMI, lalu Organizing Committee yang dipimpin Pak Sahroni, dan operasional pelaksanaan akan dikerjakan Jakpro," katanya.

Anies berharap dengan skema itu event Formula E akan berjalan sukses dan lancar, terlebih IMI telah berpengalaman dalam menyelenggarakan event balapan baik itu roda dua, empat maupun yang lainnya.

"Jadi ini adalah sebuah kegiatan kita semua bersama-sama melakukan kolaborasi dan dibawah arahan yang disiapkan pak Bambang dan seluruh jajaran IMI lalu kerjasama dengan Formula E Operation (FEO), Kami percaya dengan penyelenggaraan sebagai sebuah kolaborasi insya Allah berjalan dengan baik," ujarnya.

Sementara pada kesempatan yang sama, Co-founder Formula E, Alberto Longo memastikan event Formula E di Jakarta akan menjadi salah satu event balap mobil listrik paling sukses dalam sejarah.

"Saya sangat senang dengan pengumuman yang dibuat oleh pak Gubernur serta adanya Pembentukan komite dan juga Jakpro, saya akan memastikan bahwa acara Formula E akan menjadi salah satu acara paling sukses dalam sejarah," katanya.

Ketua IMI Bambang Soesatyo menyebutkan rangkaian balap internasional yang digelar di Indonesia, mulai dari Superbike, MotoGP hingga Formula E (Jakarta E-Prix) menunjukkan Indonesia siap bangkit dari pandemi.

"Kita baru saja menyelesaikan tahap pertama 'event' internasional WSBK di Mandalika yang berlangsung sukses dan dilihat 1,5 miliar mata dunia melalui siaran acara tersebut," kata Bamsoet dalam video dari Pemprov DKI Jakarta yang dibagikan pada Kamis malam.

Tahun depan di Indonesia akan ada dua kegiatan besar. Pertama, Formula E dan kedua MotoGP yang dua-duanya menyedot perhatian dunia. "Ini artinya Indonesia sangat siap bangkit (recovery)," katanya.

Menurut Bambang yang juga Ketua MPR, dengan adanya balap internasional termasuk Formula E tahun 2022, akan menggerakkan perekonomian nasional dengan efek lanjutan di dalamnya. "Melalui dua kegiatan besar internasional yang kita lakukan, mampu mengundang banyak turis dan mendorong percepatan 'recovery' ekonomi kita," kata politikus Golkar itu.

Sekjen IMI Ahmad Sahroni mengemukakan, balap internasional termasuk Formula E merupakan langkah yang baik bagi Indonesia karena berkaitan dengan ekonomi yang cukup hebat di masa depan.

"Kita persiapkan sebaiknya karena ini akan memperlihatkan pada dunia bahwa Indonesia adalah Indonesia yang hebat ke depannya," ujar anggota DPR RI dari Partai Nasdem itu.(*)