Dudung "Baliho" Disebut Akan Jadi KSAD

[PORTAL-ISLAM.ID]  Mantan Pangdam Jaya Letjen TNI Dudung Abdurachman dikabarkan akan mendapatkan promosi jabatan lagi. 

Setelah beberapa waktu lalu ia diangkat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), kini dikabarkan Dudung Abdurachman akan naik promosi jabatan menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Politikus PDIP Effendi Simbolon mengatakan Pangkostrad Letnan Jenderal Dudung Abdurachman akan diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Dudung digadang-gadang bakal menggantikan KSAD saat ini, Jenderal Andika Perkasa yang disebut Effendi akan naik menjadi Panglima TNI.

"Inshaallah. Semua akan terjadi dalam waktu dekat Jenderal Dudung Abdurachman menjadi KASAD dan Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI," kata Effendi dalam pesan singkatnya, Jumat, 3 September 2021, seperti dilansir Tempo.

Masa jabatan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memang diketahui akan habis pada November 2021. Andika Perkasa merupakan salah satu nama kandidat yang disebut-sebut menggantikan Hadi. Ada pula nama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono yang juga punya potensi sama besarnya.

Sementara itu, nama Letjen TNI Dudung Abdurachman melejit ketika menjabat Pangdam Jaya dengan perintah tegasnya menurunkan baliho-baliho Habib Rizieq di Jakarta.

Instruksi ini diberikan Dudung tak lama usai Pemimpin FPI Habib Rizieq Shihab kembali dari Arab Saudi pada November 2020. Saat itu, spanduk Habib Rizieq dan FPI bertebaran di berbagai penjuru Ibu Kota. 

"Ada berbaju loreng menurunkan baliho Habib Rizieq, itu perintah saya," kata Dudung menjawab pertanyaan wartawan usai apel pasukan di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2020).

Sejak saat itu, Dudung oleh netizen dijuluki dengan nama "Dudung Baliho".

Pasca penurunan baliho, karirnya pun melejit.