Gubernur Anies Baswedan Bersama Gubernur Tokyo Terpilih Memimpin Jaringan Global Kota Dunia C40 Cities

Selamat! 

Gubernur DKI Anies Baswedan bersama dengan Gubernur Tokyo Yuriko Koike secara bersama terpilih menjadi Ketua Dewan Pengarah (Vice Chairs of Steering Committee) dari perkumpulan C-40 Cities. Sebagai ketua Dewan Pengarah Mas Anies akan memberi arahan strategis bagi upaya bersama mengatasi krisis lingkungan di 97 kota besar dunia. 

Dalam siaran pers C-40 Cities mengatakan bahwa Gubernur Anies Baswedan telah mengambil langkah kebijakan penting untuk mewujudkan kota Jakarta yang bersih bebas polusi. Secara bersama-sama, berkolaborasi, menjalin kemitraan, demi mengatasi polusi udara dan meningkatkan kesadaran akan dampak buruk polusi bagi kesehatan masyarakat.

Sebagai informasi, C-40 Cities ini adalah perkumpulan dari 97 kota besar dunia yang telah berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah progresif demi masa depan lingkungan kota yang lebih bersih, sehat, dan lestari. Yang bermula dari Perjanjian Paris (Paris Agreement). C-40 Cities cukup dihormati di dunia intenasional, mengingat jumlah kota yang bergabung dan ada lebih dari 700 juta warga yang terwakili di dalamnya. 

Semoga rerpilihnya Mas Anies menjadi Ketua SC C-40 Cities bisa memperkuat suara dan posisi tawar Indonesia dalam kancah pengambilan keputusan di kancah global. 

Kami ikut bangga.

Tatak Ujiyati
(catatan pagi)

***

SIARAN PERS C-40 CITIES

LONDON - Gubernur Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Tokyo, Yuriko Koike telah terpilih sebagai Vice-Chair Komite Pengarah C40, badan pengatur yang memberikan arahan strategis bagi jaringan global 97 kota dunia yang berkomitmen untuk mengatasi krisis iklim.

Gubernur Koike sebelumnya menjabat sebagai Vice-Chair Komite Pengarah sejak 2016. Penunjukannya kembali dilakukan setelah dia terpilih untuk masa jabatan kedua. Dia adalah gubernur wanita pertama di kota itu dan telah menjadi pendukung yang konsisten dalam masalah lingkungan di Tokyo dan di seluruh Jepang.

Gubernur Anies Baswedan telah bertugas di Jakarta sejak 2017. Awal tahun ini, dia berperan penting dalam mendukung kota Jakarta untuk meluncurkan Kemitraan Udara Bersih yang ambisius yang menangani polusi udara dan meningkatkan kesadaran akan dampak kesehatannya.

Sebagai Vice-Chair, Koike dan Baswedan akan mendukung para Wali Kota/Gubernur yang tergabung dalam C40 Cities saat mereka bekerja bersama untuk memberikan pemulihan hijau dan adil dari pandemi COVID dan mengatasi krisis iklim. 

Anggota C40 mewakili 700 juta warga dan seperempat dari ekonomi dunia. Melalui kolaborasi dan inovasi, para pimpinan C40 Cities bertekad untuk mewujudkan ambisi tertinggi Perjanjian Paris dan menjaga kenaikan suhu global di bawah 1,5 derajat, dan melakukannya dengan cara yang adil.

Gubernur Tokyo, Yuriko Koike mengatakan: “Sebuah momentum baru yang ambisius menuju resolusi krisis iklim dan pemulihan ekonomi sedang tumbuh setelah COVID-19. Peran kota sangat penting dalam menghadapi dua masalah utama ini, dan Pemerintah Metropolitan Tokyo mempromosikan Pemulihan Berkelanjutan yang mencakup perspektif mewujudkan cara hidup yang berkelanjutan bagi semua orang. Sebagai anggota Komite Pengarah, saya sepenuhnya menyadari pentingnya tindakan dalam melawan krisis iklim. Dan untuk mendorong tindakan lebih lanjut, saya akan bekerja sama dengan kota-kota anggota C40 untuk menciptakan gerakan memerangi perubahan iklim di seluruh dunia. Untuk menjadi karya bagi dunia sebagai kota yang sadar lingkungan, kami akan berkontribusi pada dekarbonisasi C40 dan dunia dengan lebih mempromosikan kebijakan lingkungan.”

Gubernur Jakarta, Anies Baswedan mengatakan: “Jakarta bertekad untuk memperluas jangkauan C40 untuk bekerja dengan kota-kota lain dan pemangku kepentingan menuju tujuan implementasi aksi iklim transformatif yang mengikuti Perjanjian Paris. Perkembangan terkini di wilayah ini telah memberikan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk terlibat dengan pemuda, sektor swasta, pemerintah nasional, dan mitra non-pemerintah lokal maupun internasional.”

Baca juga :