PA 212 Bantah Habib Rizieq Kabur dari RS Ummi Bogor: Pulang karena Sudah Sehat

[PORTAL-ISLAM.ID] Habib Rizieq Syihab dituding kabur dari RS Ummi Bogor dengan cara keluar lewat pintu belakang. Hal itu disampaikan Kapolres Bogor, Kombes Pol Hendri Fiuser.  

Merespons hal itu, Ketua PA 212, Slamet Maarif, membantah Habib Rizieq Syihab melarikan diri. Ia menegaskan, Imam Besar FPI tersebut telah selesai menjalani perawatan.  

“Alhamdulillah, Imam Besar HRS sudah keluar dari RS Ummi dalam keadaan sehat wal 'afiat,” kata Slamet kepada kumparan, Minggu (29/11/2020). 

Hal yang sama juga disampaikan Sekretaris Bantuan Hukum FPI, Azis Yanuar. Ia mengaku belum mendapat kabar soal kondisi terkini Habib Rizieq.  

Namun, Ia menyebut adalah hal wajar jika pasien rumah sakit keluar lewat pintu belakang. 

“Setahu saya mau keluar lewat pintu mana saja nggak apa-apa, asal seizin pihak rumah sakit,” kata Azis. 

Sebelumnya, Kapolres Kota Bogor, dalam suratnya ke Kapolda Jabar menjelaskan, pihaknya pada Sabtu malam mengecek keberadaan Rizieq.  

Surat ini juga ditembuskan ke Wakapolda Jabar, Irwasda Polda Jabar, Karo Ops Polda Jabar, Dir Intelkam Polda Jabar, dan Ka SPN Polda Jabar. 

Namun dari hasil koordinasi dengan petugas di rumah sakit, ternyata Rizieq sudah tak lagi berada di kamarnya. 

"Hasil koorkom (koordinasi dan komunikasi) dengan security RS Ummi MRS (Muhammad Rizieq Syihab) telah meninggalkan RS Ummi sekitar pukul 20.50 WIB melalui pintu belakang," kata Hendri.  

Satgas COVID-19 Kota Bogor sudah melaporkan RS Ummi ke polisi karena diduga menghalangi petugas kesehatan untuk melakukan tracing. Dinkes Bogor juga belum menerima hasil swab mandiri Rizieq. [kumparan]

[Video - Penuturan Security RS Ummi Bogor: Habib Rizieq Pulang, Bukan Kabur]