Prahara PKS Terus Bergulir, Ustadz Edi Hasan Nasution Ketua DPD PKS Tapanuli Selatan Mengundurkan Diri


[PORTAL-ISLAM.ID] Prahara di Partai Keadilan Sejahtera Sumatera Utara terus berlanjut. Pasca dicopotnya 8 dari 9 pimpinan PKS Sumut pada Rabu (17/10/2018) lalu di Hotel Madani Medan, satu persatu jajaran partai tersebut mengundurkan diri.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat, (Kabid Humas) DPW PKS Sumut, Juanda Sukma mengatakan Ketua DPD PKS Tapanuli Selatan, Edi Hasan Nasution, menyatakan mengundurkan diri sebagai Ketua umum DPD PKS Tapanuli Selatan.

Pengunduran diri ini, kata Juanda, juga diikuti pengurus lainnya baik di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

"Seperti Ketua Bidang Pemilu dan Pilkada, Murda Ningrat dan Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga, Ikhwani Batubara," katanya, Jumat (19/10/2018).

Sementara itu dalam sikap resminya, Ketua DPD PKS Tapsel, Edi Hasan menyatakan jika keputusan ini diambil sebagai bentuk protes terhadap tindakan semena-mena DPP PKS.

"Saya dan jajaran pengurus menyatakan mundur sebagai bentuk protes terhadap kebijakan DPP yang semena-mena dan tidak mementingkan nasib daerah jelang Pemilu," katanya.

Menurut Edy, hal ini juga sangat bertentangan dengan sistem yang biasa dibangun di internal PKS. Ia menduga tindakan tersebut seperti operasi bersih-bersih terhadap kelompok tertentu dan tidak menggunakan mekanisme organisasi dalam proses pergantian tersebut.

Di lain pihak, Pengamat Politik USU, Yurial Arif Lubis, mengatakan jika perombakan Pimpinan PKS akan mengganggu kerja mesin partai dan komunikasi politik dielit sumut.

Menurut Yurial, akibat pergantian tersebut maka semua proses harus dimulai dari awal, sementara tahapan pemilu telah dimulai.

Sejumlah politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumut mempertanyakan alasan penggantian jajaran pemimpin di wilayah Sumut oleh Dewan Pimpinan Pusat PKS.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat, (Kabid Humas) DPW PKS Sumut, Juanda Sukma mengatakan sebagian besar pengurus yang diganti belum mendapatkan alasan yang jelas dari pihak DPP.

"Memang sudah ada pemberitahuan. Hanya saja Pak Havez (Ketua DPW Sumut yang dicopot) dan lainnya mempertanyakan alasan terkait pergantian tersebut. Menurutnya harus ada penjelasan yang lebih mendalam," ujarnya kepada tribun-medan.com saat dihubungi, Kamis (18/10/2018).

Juanda menilai tidak tepat jika Pimpinan Pusat mengganti para pengurus DPW PKS Sumut yang diwakili oleh Tifatul Sembiring dengan alasan penyegaran menjelang Pemilihan presiden dan Pemilihan legislatif tahun 2019.

"Era kepemimpinan Pak Havez sudah menjalani kepemimpinan dua periode termasuk pemenangan Pilgub kemarin. Jadi jika ditanyakan tentang kesiapan, justru kepengurusan Pak Havez yang paling siap," katanya.

Menurut Juanda, gelagat dari DPP tentang bersih-bersih di tubuh PKS Sunatera Utara sudah tercium sejak pendaftaran caleg dari partai tersebut.

"Banyak nama caleg yang diajukan dari dapil Sumut dicoret maupun dipindahkan dapilnya. Namun belum menimbulkan gejolak seperti sekarang ini," katanya.

Akibatnya, menurut Juanda di akar rumput terus bergejolak dan mempertanyakan alasan pergantian tersebut.

Puluhan Pengurus Wilayah dan pimpinan DPD PKS Kab/Kota menyatakan mundur serta ratusan kader inti PKS keluar dari keanggotaan partai.

"Banyak kader di Medan Utara mengundurkan diri. Kami juga mendapatkan sinyal kuat ketidakpuasan dari kabupaten dan kota lain," ungkapnya.

Juanda menjelaskan, melihat dari kepengurusan yang diubah, ada dugaan kuat pembersihan loyalis Anis Matta dari kepengurusan partai tersebut.

Menurut Juanda, pihaknya hingga hari ini Kamis (18/10/2018) belum mendapat penjelasan yang lebih mendalam terkait pergantian itu.

Ketika ditanyakan, apakah kejadian pengurus partai mundur massal di Bali akan terulang di DPW PKS Sumut, Juanda membantah.

"Saya yakin, Sumut tidak akan reaksioner seperti di Bali. Namun terkait kader yang tidak puas, bila mereka mengambil sikap untuk mundur kami tidak melarang dan tidak juga mendorongnya," katanya.

Juanda mengaku belum mengetahui langkah ke depan yang akan diambil Hafez dan para rekannya terkait perombakan tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum DPW PKS Sumut demisioner, H.M. Hafez ketika dikonfirmasi terkait alasan pencopotan dirinya dan pimpinan lainnya mengaku tidak mengetahui alasan pencopotan tersebut.

Hafez menjelaskan kepengurusan PKS selama ini sudah berusaha maksimal dalam menjalankan keputusan Partai, termasuk menyelesaikan semua tahapan pemilu legislatif seperti verifikasi partai dan pemberkasan caleg dan tahapan pemilu lainnya.

"Kami juga sudah berikhtiar maksimal memenangkan Eramas bersama mitra koalisi pada Pilgubsu 2018 lalu," katanya.

Diketahui, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengubah susunan pengurus DPW Sumut.

Ketua DPP PKS Wilayah Daerah Sumatera, Tifatul Sembiring, menegaskan perombakan pengurus tersebut tidak terkait isu pecahnya PKS yang gencar di media sosial.

"Kebijakan ini diambil untuk penyegaran pengurus jelang Pemilu 2019 agar lebih dinamis dalam menghadapi kompetitor. Tidak ada yang meninggalkan dan ditinggalkan, tidak ada yang digusur dan menggusur, tidak ada yg diturunkan dan menurunkan. Para kader, anggap biasa sajalah, " ujar Tifatul saat jumpa pers di di Hotel Madani, Medan, Rabu (17/10/2018) lalu.

Menurut Tifatul, pelaksanaan perombakan pengurus tersebut, meski tidak dilakukan dalam Munaslub, namun sesuai anggaran dasar anggaran rumah tangga (AD/ART). Baginya, pergantian pengurus bisa dilakukan setiap saat oleh DPP jika dinilai perlu.

Tifatul mengatakan perombakan tersebut dilakukan sebagai penyegaran mengingat Pilpres dan Pileg akan segera berlangsung.

Tifatul menjelaskan, DPP PKS melalui surat keputusan yang ditandatangani oleh Presiden Partai M Sohibul Iman dan Sekjend Mustafa Kamal menetapkan sususan pengurus baru.

Hariyanto sebagai Ketua Umum, Misno Adiansyahputra sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah, Ivantra Padang menjadi Sekretaris Umum Dewan Pengurus Wilayah.

Herman Nafil didaulat sebagai Bendahara Umum Pengurus Wilayah, Dariantini MA menjadi Ketua Bidang Kaderisasi Dewan Pengurus Wilayah), Salman Alfarisi sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah, Cecep Wiwaha menjadi Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah.

Usman Jakfar sebagai Ketua Dewan Syariah Wilayah, Kasman Marasakti Lubis,menjadi Sekretaris Dewan Syariah Wilayah.

"Dengan diumumkannya Surat Keputusan ini, maka posisi ketua DPW PKS Sumut M Hafez yang menjabat hampir dua periode diserahkan kepada Hariyanto, yang sebelumnya adalah sebagai Ketua DPD PKS Kabupaten Deliserdang," ujar Tifatul.

Sumber: TribunMedan

Baca juga :