Tabungan Siswa SD Senilai Rp 112 Juta Belum Diberikan, Ternyata Dipinjam Guru dan Komite...

Jangan merepotkan diri sendiri

Bapak, Ibu Guru,

Saya tahu persis, tugas kalian itu sudah beraaat sekali. Selain ngajar anak-anak, kalian juga diminta melakukan tugas administrasi, dll. Belum lagi, gaji kalian itu tidak tinggi.

Maka, tidak usahlah merepotkan diri sendiri. Hal-hal yang tidak mendesak, ngapain sih harus dilakukan? Coba pikirkan baik-baik.

1. Karya wisata, study tour. Duh, hari gini, ngapain capek2 ngurus beginian. Biarkan saja anak2 ini jalan2 bareng keluarganya. Kalaupun memang mau jalan2, ajak saja anak didiknya ke pasar induk, ke musem, ke manalah, yg dekat sekolah, cari yg biayanya nol, alias gratis. Sekolah itu baik2 saja tanpa study tour. Bahkan saat murid2 maksa, orang tua maksa, semua guru bisa menolak. Males ngurusnya. Selesai.

2. Menabung di sekolah. Saya benar2 tdk paham konsep ini sejak dulu. Jika kita ingin mendidik anak2 kita biar suka nabung, suruh mereka bikin celengan saja di rumah. Atau ajak mereka ke bank. Sekarang itu nyaris semua kota kecamatan ada bank loh. Ngapain bapak/ibu guru merepotkan diri megang duit murid2?

3. Seragam, buku, dll. Wah, wah. Bapak/Ibu guru, di negara lain, sudaaaah lama sekali mereka males ngurusin soal begini. Biarkan saja anak datang dgn baju bebas, asal sopan dan sesuai peraturan. Di Indonesia, baiklah, seragam masih ada. Tapi ngapain Ibu/Bapak harus repooot banget ngurusinnya? Juga buku2. Barang2 lain?

4. Pun hal2 lain yang pada prinsipnya tdk penting2 amat, hanya merepotkan saja. Mendadak mau bikin buku tahunan, mendadak mau bikin foto tahunan, wisuda di gedung dll. Tidak usah. Bahkan saat murid2nya maksa, tidak usah. Ini sibuuuk sekali bikin beginian, eh, itu hasil ujian masih jueleknya minta ampun. Nah, kalau itu murid2 tetap super maksa, biarkan mereka ngurus sendiri. Kan murid2nya yg maksa.

Nah, jika bapak/Ibu guru memang punya waktu senggang, dan betul2 memang mau mengabdi, maka lompatlah levelnya ke lebih tinggi. Ada loh guru2 yg bisa bawa anak2nya study tour, gratis, sekolah yg cari sponsor. Ada loh guru2 yg bisa membuat perpustnya melimpah dgn buku2 keren, sekolah yg cari sponsor. Wah wah, muridnya bahagiaaa sekali. Karena semua gratis.

Jadi, yuk, berhenti merepotkan diri sendiri. Berhenti dikit2 minta duit ke murid, orang tuanya. Berhenti! Apapun alasannya, mending tdk usah.

(By Tere Liye)

Baca juga :