5 SEBAB KORUPSI

5 SEBAB KORUPSI

Oleh: Prof. Moeflich H. Hart 

Dalam sebuah video wawancara, capres Anis Baswedan menjelaskan, sebab korupsi itu ada 3:
1. Korupsi karena kebutuhan
2. Korupsi karena kerakusan
3. Korupsi karena sistem

Saya ingin memperinci. Dari Ilmu Hikmah Lima, penyebab korupsi itu ada 5:

1. Corruption by need
2. Corruption by read
3. Corruption by gate
4. Corruption by lead
5. Corruption by meat
___

1. Corruption by need 

Ini korupsi karena kebutuhan, yaitu kebutuhan mendasar yang tidak terpenuhi karena gajinya kecil, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Memakai kendaraan kantor atau fasilitas kantor untuk keperluan keluarga, memakai uang kantor untuk membeli beras, gas, biaya sekolah anak dll. Ini level korupsi paling rendah.

2. Corruption by read

Korupsi karena 'read' yaitu membaca celah-celah situasi, aman, lalu dia korupsi. Tadinya tidak berniat dan bukan karena kebutuhan tapi kalau dia korupsi tampaknya aman. Hukumnya tidak ada, pengawasan lemah, atasannya juga tahu sama tahu, orang lain yang melakukan juga tidak kena hukum.

3. Corruption by gate

Ini korupsi karena 'gate' alias pintu yang terbuka, yaitu karena ada kesempatan. Tadinya tak berniat korupsi tapi karena ada kesempatan, seseorang pun tergoda melakukannya. 

4. Corruption by lead

Ini korupsi karena posisi 'lead'-nya, sebagai leader yaitu jabatan dan kepemimpinan. Ini paling umum dan paling banyak. Karena jabatannyalah menyebabkan seseorang korupsi. Ketika tak menjabat dia tidak korupsi, setelah memiliki jabatan dia melakukan bahkan banyak korupsi atau jadi koruptor.

5. Corruption by meat

Ini korupsi paling jahat yaitu karena memakan daging (meat) saudaranya sendiri. Ini korupsi karena kerakusan. Ingin kaya dengan menghalalkan segala cara. Mencuri uang rakyat, memotong dana bantuan sosial, memotong gaji guru, mark up anggaran, rekayasa laporan dll. Semuanya dilakukan karena kerakusannya. Tipe ini gaji besar juga tidak berpengaruh, tidak akan pernah cukup, akan selalu merasa kurang. "Daging" saudaranya sendiri, bawahannya sendiri, kalau perlu, disikat!!
___

Korupsi karena kebutuhan, sifatnya dimaklumi. Solusinya, tingkatkan kesejahteraan. Korupsi karena read, gate dan lead, itulah korupsi karena sistem. Solusinya perbaiki sistem, rombak, ketatkan hukum dan keteladanan pejabat dan pemimpin. Korupsi karena kerakusan, tak ada ampun, hukum yang berat, tegas dan pandang bulu.

Semoga bermanfaat
😊
Baca juga :