Nadia Kahf Menjadi Wanita Muslim Berjilbab Pertama Yang Menjadi Hakim di AS, Diambil Sumpah dengan Al-Quran

[PORTAL-ISLAM.ID]  NEW JERSEY – Pengacara Nadia Kahf menjadi hakim berjilbab pertama di AS setelah diangkat ke pengadilan tinggi di New Jersey.

Kahf, seorang pengacara keluarga asal Suriah dan pengacara imigrasi dari Wayne, mengambil sumpah jabatan pada Kamis (23/3/2023) dengan tangannya di atas mushaf Al-Quran, menurut situs berita lokal North Jersey.

Dan ternyata mushaf Al-Quran yang dijadikan sumpah adalah mushaf Alquran kuno tulisan tangan nenek buyutnya.

"Hari ini Nadia Kahfi disumpah sebagai hakim Pengadilan Tinggi di New Jersey. Dalam momen bersejarah, Yang Terhormat Kahf disumpah di atas Alquran kuno tulisan tangan nenek buyutnya. Dia adalah orang pertama yang mengenakan jilbab di posisi hakim & salah satu dari segelintir pengacara wanita Muslim yang unggul," tulis akun twitter Dr. Noor Ghazal Aswad @noorghazalaswad.

Nadia Kahf akan menjabat sebagai hakim Pengadilan Tinggi Passaic County setelah Gubernur New Jersey Phil Murphy mencalonkannya setahun yang lalu, menurut media lokal.

Meskipun Kahf bukan wanita Muslim pertama yang menjabat sebagai hakim negara, dia adalah yang pertama mengenakan jilbab di bangku hakim.

Sejak 2003, dia duduk di dewan Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) cabang New Jersey, sebuah organisasi hak-hak sipil Muslim di mana Kahf sekarang menjabat sebagai ketua.

Dia juga penasihat hukum untuk Wafa House, sebuah lembaga layanan sosial dan kekerasan dalam rumah tangga nirlaba yang berbasis di kota Clifton, dan ketua Islamic Center of Passaic County. (arrahmah)

[Video Pengambilan Sumpah Nadia Kahf sebagai Hakim]
Baca juga :