Seperti Motor Honda, Dakwah Perlu Beragam Varian Untuk Menjangkau Segmen Berbeda

VARIAN DAKWAH

Oleh: Fahmi Hasan Nugroho

Honda punya banyak varian motor dengan berbagai kelas dan tingkatan harga, satu jenis motor juga terkadang punya dua hingga tiga varian dengan harga yang berbeda. Tujuannya apa? Jelas untuk menjangkau segmentasi pasar yang lebih luas karena konsumen bisa memilih motor sesuai dengan selera dan kemampuan finansialnya.

Begitu juga dakwah. Ga ada insan yang bisa mencakup seluruh segmentasi dakwah dengan hanya satu jenis metode. Diperlukan adanya diversifikasi metode agar lebih menjangkau segmentasi pasar yang berbeda. Ada yang suka dengan metode santai dan ada yang suka dengan metode serius, ada yang cukup dengan qaul ulama dan ada yang lebih suka pake dalil, ada yang suka dengan rasa dan ada juga yang lebih senang pake logika, ada orang kota dengan segala kompleksitas kehidupannya dan ada orang desa dengan segala problematikanya. Ragam segmen pasar ini tidak bisa jika hanya dihadirkan (dan dipaksa) untuk memilih satu metode saja.

Begitupun da'i nya, ada yang nyaman berbicara dengan humor, dengan shalawat, ada yang suka dengan logika, argumentasi, rasa, ada yang suka berbicara dalam tabligh akbar dan ada yg lebih suka pengajian. Mereka juga ga bisa jika diharuskan menggunakan satu metode saja.

Maka dakwah itu marketing. Jika kamu merasa daganganmu tersaingi atau melihat orang telah sukses menggarap satu segmen pasar maka lakukanlah evaluasi dan inovasi, jangan melakukan kesalahan yang sama dan terus diulangi, apalagi menggunakan tangan kekuasaan. 

(fb)
Baca juga :