Muslim Gaza kumpulkan donasi untuk anak-anak terdampak gempa di Suriah dan Turki

Body
[PORTAL-ISLAM.ID] Dua badan amal Palestina meluncurkan kampanye donasi di Jalur Gaza pada Ahad (19/2/2023) untuk anak-anak yang terkena dampak gempa bumi kembar yang menewaskan puluhan ribu orang di Turki dan Suriah.

“Kampanye donasi dan kegiatan solidaritas ini merupakan pesan loyalitas dari anak-anak Gaza kepada Turki, rakyat dan pemerintahnya,” ujar Ezzeddin Abu Sabha dari Islamic Center Society kepada kantor berita Turki Anadolu.

Kampanye yang diluncurkan oleh badan amalnya ini akan berlangsung hingga Kamis untuk menggalang dana bagi para korban bencana gempa bumi 6 Februari di Turki dan Suriah.

Kampanye donasi lainnya juga diluncurkan oleh Ahmad Yassin International Foundation selama satu hari untuk anak-anak di Turki dan Suriah.

“Donasi akan digunakan untuk membeli hadiah dan mainan bagi anak-anak yang terkena dampak bencana gempa bumi di kedua negara tersebut, sebagai bentuk solidaritas terhadap penderitaan mereka,” ujar Samira Nassar, juru bicara yayasan tersebut.

Pada Kamis, kantor Gaza dari Arab Medical Union dan LSM Alamal Institute for Orphans mengumumkan kampanye donasi terpisah untuk memberikan bantuan kepada anak-anak yang terkena dampak bencana gempa bumi di Turki dan Suriah.

Sedikitnya 40.642 orang tewas dan lebih dari 108.000 orang terluka dalam dua gempa bumi kuat yang mengguncang Türki selatan pada 6 Februari, menurut angka resmi terbaru.

Gempa berkekuatan 7,8 dan 7,7 SR yang berpusat di provinsi Kahramanmaras tersebut berdampak pada lebih dari 13 juta orang di 11 provinsi, termasuk Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, Elazig, dan Sanliurfa.

Di Suriah, sedikitnya 5.840 orang telah tewas dalam gempa bumi yang mematikan.  

(*)
Baca juga :