Malaysia kirim Tim SAR Khusus ke Turki

[PORTAL-ISLAM.ID]  Tim SAR Khusus Malaysia (Smart) dikerahkan untuk membantu upaya pencarian dan penyelamatan (SAR) korban gempa di selatan Turki.

Menteri di Departemen Perdana Menteri (Sabah, Urusan Sarawak dan Tugas Khusus), Armizan Mohd Ali, mengatakan sebanyak 75 anggota Smart dikirim ke Turki malam ini melalui penerbangan Turkish Airlines, dengan membawa peralatan yang akan digunakan dalam operasi tersebut.

“Proses pengiriman tim Smart dilakukan setelah mendapat persetujuan Perdana Menteri Anwar Ibrahim dan mendapat konfirmasi perlunya bantuan dari pemerintah Turki,” ujarnya dalam keterangan tertulis, seperti dilansir FMT pada Senin (6/2/2023).

Ia mengatakan, tim Smart mendapat pengakuan dari International Search and Rescue Advisory Group (INSARAG) pada 2016 yang memungkinkan mereka untuk dikirim mengikuti misi bencana di luar negeri.

Gempa kuat melanda wilayah Turki selatan Kahramanmaras, dan Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mengatakan gempa berkekuatan 7,7 skala Richter terjadi pada pukul 4.17 pagi waktu setempat yang berpusat di distrik Pazarcik. (arrahmah)
Baca juga :