Di balik Kasus Indosurya, Kenapa Bisa Ratusan Triliun Tak Terlacak OJK KPK? TERNYATA INI RAHASIANYA....

Oleh: Budi Saks

Kasus Indosurya itu kenapa bisa tak terlacak hingga akhirnya macet dan digugat ratusan nasabahnya karena badan hukumnya memang bukan lembaga perbankan namun koperasi komunitas jadi tak terpantau oleh OJK apalagi BPK dan KPK tak ada kepentingan mengawasi.

Kasus-kasus begini memang lumayan banyak dimasyarakat. Kebetulan setahun sebelum kasus Indosurya ini mencuat aku juga diminta menyidik kasus serupa dengan nominal cukup wah walau lebih kecil dari Indosurya. Bedanya disini klien yang datang kekami malah berpesan perkara ini jangan sampai terkuak ke media karena tujuannya cuma menangkap manajer marketingnya saja yang begitu licin dan lebih spesifiknya lagi kami harus mendapatkan flashdisk yang katanya berupa data penting perusahaan dan koperasi. Silent operation lah.

Namun ketika mengumpulkan biodata target yang ternyata wanita cantik dan profesional yang disetiap manuvernya selalu bermodus menggandeng aparat lokal maka aku cukup bisa menduga kenapa bapak alim yang terhormat klien kami itu berpesan demikian.

Target berhasil kami petakan lokasi aktivitasnya di lima kota besar di Jawa berikut pola aktivitas dan pergerakannya. Aku sendiri berhasil menemukan identitas aslinya berikut riwayat pendidikannya, lokasi sekolah bahkan sempat nongkrong tak jauh dari rumah ortunya. Sekedar menghapal jalan siapa tau target mencium pergerakan team kami dan lari kesini.

Walau akhirnya kasus ini mengambang karena justru klien sendiri yang tak ingin kasusnya diteruskan dan aku juga mahfum bahwa sebetulnya bukan data koperasi dan perusahaan yang didalam flash disk itu. Untung team ku bukan orang jahil.

Kembali ke Indosurya.

Secara logika sejak awal memang koperasi ini sangat mencurigakan karena asetnya diawal saja sudah trilyunan. Koperasi macam apa tiba tiba muncul sudah trilyunan? Perbankan pun cuma yang besar-besar punya aset segitu.

Dan sampai hari ini bisa dibilang Indosurya kasusnya tak tuntas karena para pelaku dan pemilik aset yang "mencuci" uangnya disitu tak akan membiarkan penegakan hukum berjalan dengan semestinya.

Pertanyaan lainnya itu uang "money laundring" dari korupsi apa saja?

Yah kita sebagai masyarakat jadikan saja ini pelajaran agar tak mudah percaya dengan lembaga lembaga tak jelas biar nampak mentereng dan belanjakan saja aset aset anda dijalan yang lebih normal.

Selamat pagi...

(fb)
Baca juga :