Calon Pembeli Mobil Esemka Bimbang: Masa Kalau Servis Harus ke Boyolali 😁

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Keraguan menyelimuti calon konsumen yang hendak membeli mobil merek nasional, Esemka. 

Mereka masih khawatir dan ragu dengan layanan purnajual mobil buatan PT Solo Manufaktur Kreasi itu. 

Sebab belum diketahui persis, di mana saja letak dealer 3S (sales, service, sparepart) Esemka di Indonesia.

Seperti diketahui, Esemka turut hadir di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. 

Esemka menjadi salah satu magnet bagi pengunjung pameran otomotif tahunan itu. Ada sekadar melihat, ada pula yang benar-benar serius meminatinya, tapi masih memiliki banyak keraguan di benaknya.

Chandra, salah satu pengunjung yang datang ke booth Esemka ingin tahu lebih rinci bagaimana kualitas produk Esemka, juga jaminan garansi, termasuk layanan purnajualnya.

"Kita masih lihat-lihat dulu. Karena ini masih awal kan. Kita belum tahu detail speknya, service center-nya, aftersales-nya bagaimana, itu kan yang paling penting untuk mobil," kata Chandra ditemui di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (19/2/2023).

Bagi Chandra, hal yang paling penting adalah soal aftersales atau layanan purnajualnya, karena bagaimanapun mobil yang dijajakan oleh Esemka merupakan kendaraan niaga, yang tentunya akan 'disiksa' setiap harinya, entah membawa beban barat atau digunakan buat perjalanan jarak jauh.

"Aftersales paling penting. (Setahu saya) sekarang kan belum ada sama sekali (dealer-nya) boleh dibilang. Kalaupun ada, katanya di Boyolali. Kalau kita posisi di Jakarta, terus harus servis ke Boyolali di Jawa Tengah kan jauh," sambungnya.

Esemka mengklaim sudah memiliki dealer di tiga kota. Dealer itu berlokasi di Jakarta dan Lampung melalui PT Unisat Outo Indonesia (UOI). Selain PT UOI, SMK juga menggandeng PT ACE sebagai agen penjualan dan dealer mobil Esemka.

Esemka juga dikatakan memiliki fasilitas perbaikan. Tapi di Jakarta fasilitas perbaikan dan servis berkala mobil Esemka menggandeng bengkel umum di wilayah Jakarta Selatan.

(Sumber: Detik)
Baca juga :