Walau Sudah Tidak Jadi Gubernur, Anies Baswedan Tetap Diminta Oleh Organisasi Kota-kota Besar Dunia C40 Untuk Tetap Berkontribusi

[PORTAL-ISLAM.ID] Sewaktu menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan diangkat menjadi salah satu Dewan Pengarah C40 Cities bersama Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, dan Wali Kota London Shadiq Khan.

Saat itu, Anies ditunjuk sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities dalam penetapan di London, Inggris, pada 4 Desember 2020 lalu.

C40 Cities merupakan jaringan yang menghubungkan 97 kota besar dunia yang telah berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah progresif terkait perubahan iklim.

Melansir laman resmi C40 Cities, C40 adalah jaringan kota besar di dunia yang berkomitmen untuk mengatasi perubahan iklim.

Mereka mendukung kota untuk berkolaborasi secara efektif, berbagi pengetahuan, dan mendorong tindakan yang bermakna, terukur, dan berkelanjutan terkait perubahan iklim.

Disebutkan, C40 Cities menghubungkan 97 kota terbesar di dunia untuk mengambil tindakan iklim yang berani, memimpin jalan menuju masa depan yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Jakarta menjadi salah satu kota yang bergabung dengan program ini. Program ini mewakili lebih dari 700 juta warga dan seperempat ekonomi global.

Wali kota di kota-kota C40 berkomitmen untuk mewujudkan tujuan paling ambisius dari Perjanjian Paris di tingkat lokal, serta untuk membersihkan udara yang dihirup.

Adapun program yang sedang berlangsung terbagi dalam kategori Keuangan Kota, City Intelligence, Diplomasi, Direct Support, Pengukuran & Perencanaan, Program, Bisnis & Inovasi, serta Proyek Khusus.

Anies Diminta Tetap Berkontribusi

Setelah tidak lagi menjabat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ternyata tetap diminta oleh C40 untuk tetap berkontribusi.

Permintaan ini disampaikan C40 beberapa pekan sebelum Anies Baswedan mengakhiri masa jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Setelah mengakhiri tugas sebagai Gubernur Jakarta 16 Oktober lalu, berakhir pula tugas sebagai jajaran pimpinan dari C40 Cities, yang diemban bersama Shadiq Khan, Walikota London dan Yuriko Koike, Gubernur Tokyo," kata Anies Baswedan dikutip dari akun media sosialnya, Senin (16/1/2023). 

"Kami bersyukur bahwa peran dan kontribusi kami dari Jakarta dirasakan manfaatnya oleh mereka. Beberapa pekan sebelum masa tugas berakhir, tepatnya di akhir September, C40 mengundang dalam kapasitas pribadi untuk tetap terlibat dan berkontribusi dalam kegiatan di C40, organisasi dari kota-kota besar dunia, khususnya untuk menghadapi krisis iklim dan mendorong pembangunan kota yang berorientasi masa depan ini," ungkap Anies.

Calon Presiden dari Partai NasDem ini mengungkap kunjungan ke London selama beberapa hari kemarin juga bertemu dengan eksekutif direktur C40.

"Di London menyempatkan diri untuk bertemu dengan sahabat kami, Mark Watts —executive Director dari C40. Membahas langkah selanjutnya untuk terus berkiprah bersama C40 dalam agenda-agenda global terkait sustainable development," pungkas Anies.