Tere Liye kritik keras Rumah Menteri di IKN biaya Rp 14 Miliar per Unit

By Tere Liye

Perintah sedang membangun 36 rumah menteri di IKN. Berapa anggarannya? 14 milyar per rumah, total 519 milyar. Luas rumah ini berkisar 580 meter.

Sebagian netizen membaca berita ini tidak peduli. Bodo amat. Sebagian lagi setuju-setuju saja. Hingga lupa, astaga, rumah apa yang dibangun dg baiaya per meternya seharga 24 juta (tanah tdk usah beli)? Ayolah, rumah-rumah bagus di Jakarta, Surabaya, paling hanya dibangun dg biaya 10 juta per meter. 

Kata pemerintah itu termasuk furniture. Baik, sisihkan 5 milyar buat furnitur (5 milyar itu bisa beli meja kursi top semua), tetap saja per-meternya mahal bro. Kamu tahu tidak rata-rata biaya pembangunan rumah rakyat? 

Oh, karena duitnya ada, tinggal pakai saja, kamu hajar saja anggaran 24 juta per meter, total 519 milyar, proyek besar, mari berpesta. 

Komisi V DPR heran atas biaya ini. Ciyus? Kamu heran betulan? Besok-besok giliran rumah dinas DPR dibangun dg anggaran yg sama kamu heran juga tidak? 14 milyar per unit kalikan total anggota DPR, DPD, total 8-10 trilyunan. Mantappp.

Tidak adakah yang mau mengkritisi IKN ini? Tidak adakah yang mau melihat detail biaya pembangunannya? Masuk akal tidak? Yes, bagi netizen yang selalu mendukung pemerintah, semua masuk akal. 25 juta per meter, ah itu sih wajar, Tere Liye. Kamu ini anjing provokator banget, Tere Liye, sana pindah ke Arab. 

Netizen2 ini lupa, besok lusa rumah2 super mewah ini boleh jadi hanya akan dihuni oleh sopir, ajudan, pembantu. Kemana Menterinya? Kemana keluarga menterinya? Boleh jadi lebih sering tinggal di Jakarta.

Ketahuilah, IKN ini hanyalah proyek. Sama seperti proyek kereta cepat, tol, dll. Di luarnya sih selalu bilang demi pembangunan, demi bla bla bla. Tapi sesungguhnya, ini hanyalah proyek mahal. Semakin mahal, ada yg semakin tertawa lebar. Dan itu bukan kamu, wahai netizen. Anak cucumu kelak yg membayar utangnya, bayar pajak.

Apa sih mendesak dan pentingnya bangun rumah menteri dgn harga 25 juta per meter? Dibanding mengurus pendidikan, penegakan hukum? Baik, silahkan tetap bangun, tapi bisa tdk turun jadi 10 juta per meter? Kata kamu dunia lagi resesi, ekonomi susah, kok kamu boros begini? IKN ini jika dihitung ulang, itu bisa hemat ratusan trilyun, my friend. 

(fb)
Baca juga :