Tanda-Tanda Prabowo Jadi RI-1

[PORTAL-ISLAM.ID] Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto tampak mesra kala bertemu di rapat pimpinan (rapim) Kementerian Pertahanan. Jokowi bahkan sempat senyum dan memberikan jempol kepada Prabowo Subianto.

Momen tersebut juga sempat diunggah Jokowi di akun Instagram resminya @jokowi. Tampak pada postingan foto yang diunggah, Jokowi tengah disopiri oleh Prabowo Subianto.

Keduanya memang sempat menjajal kendaraan Maung setelah Jokowi memberikan arahan dalam rapim Kementerian Pertahanan 2023. Dalam foto itu, Jokowi dan Prabowo kompak memakai baju putih dan celana bahan hitam.

Terlihat Jokowi tersenyum sambil memberikan jempol kepada Prabowo. Pada waktu yang sama, Prabowo tersenyum sambil memegang setir dan mengatur persneling mobil Maung warna hijau.

"Menjajal kendaraan Maung yang dikemudikan Pak Prabowo Subianto, seusai memberikan arahan dalam Rapim Kementerian Pertahanan 2023, siang ini," ucap Jokowi seperti dalam unggahannya.

"Kendaraan ini dirancang oleh PT Pindad untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah dalam segala medan," lanjut Jokowi.

Dirut Pindad: Kendaraan Taktis Maung Adalah Ide Inovatif Menhan Prabowo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan nama kendaraan operasional Maung yang dikembangkan oleh PT Pindad setelah memberikan arahan dalam rapat pimpinan (rapim) Kementerian Pertahanan (Kemhan) 2023. 

Dirut PT Pindad Abraham Mose menyebut pembuatan Maung merupakan ide dari Menhan Prabowo Subianto.

"(Pembuatan Maung) adalah ide yang inovatif dari Pak Menhan. Sejak tahun awal menjadi Menhan, beliau bertanya soal tactical vehicle 4x4. Kemudian Pindad membuatnya, dan beliau beri nama Maung. Itu versi yang pertama sekali," ungkap Abraham kepada wartawan, Sabtu (21/1/2023), dilansir detikcom.

Abraham mengatakan Maung yang ditampilkan dalam rapim merupakan kendaraan versi ketiga. Versi ketiga ini, katanya, telah memiliki sejumlah perbaikan dibanding dua versi sebelumnya.

Lalu, Abraham menyebut kelebihan yang paling utama terletak pada badan mobil yang kini berbentuk jip. Hal itu membuatnya lebih tangguh bermanuver di berbagai medan ekstrem.

"Lebih canggih dari (Maung) versi sebelumnya, dari segi performance, secara power, secara struktur bodi, dari segi penampilan juga lebih baik," kata Abraham.

Selanjutnya, Abraham pun mengakui capaian PT Pindad tersebut tidak lepas dari peran Prabowo. Menurutnya, Maung versi terbaru yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sekitar 65 persen.

"Kami memberikan satu penghargaan tertinggi untuk Pak Menhan, karena sudah mendorong dan memberi kesempatan kepada kami," ujarnya.

"Lalu pemikiran beliau berkembang lagi. Beliau memanggil (PT Pindad) untuk membuat jip yang (Maung versi terbaru) ini," sambungnya.

Dengan melibatkan ahli dan SDM yang kompeten, Pindad pun mengaku selalu berusaha memberikan yang terbaik. Selanjutnya, Abraham juga mengatakan target berikutnya yang akan diupayakan sesuai arahan Prabowo adalah membangun pabrik engine mandiri untuk meningkatkan TKDN produk-produk kendaraan dalam negeri.

"Kalau (pabrik engine) sudah ada di Indonesia, mulai dari bodinya sudah bisa dibuat di Indonesia, tubular frame dan enginen-nya juga (bisa dibuat di Indonesia), maka TKDN akan naik, mendekati 70-80 persen," ujarnya.

Didoakan Jadi Presiden

Menhan Prabowo di akun Instagramnya juga mengunggah foto saat bersama Presiden Jokowi menjajal kendaraan Maung.

Banyak netizen yang kemudian menanggapi dan mendoakan agar Prabowo jadi Presiden 2024.

"Gagah Mobil 'MAUNG' Pindad , Semoga 2024 Bapak Prabowo Presiden RI aamiiin," komen netizen.

"Prabowo preseden 2024👏👏," timpal yang lain.

"RI 1 bersama The Next RI 1 2024🔥," ujar netizen.