GAWAT...!! Survei Poltracking: Anies Unggul di Tiga Provinsi di Pulau Jawa

[PORTAL-ISLAM.ID]  Elektabilitas bakal capres Partai Nasdem, Anies Baswedan, unggul di tiga provinsi di Pulau Jawa. Hal itu berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia periode 26 November – 2 Desember 2022. 

Pada survei tersebut terungkap tingkat elektabilitas tiga kandidat capres terkuat di Pulau Jawa yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Baca Juga: NasDem Sebut Anies Baswedan bakal Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan, Anies unggul di tiga provinsi dari lima yang disurvei yakni wilayah Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat. 

"Di DKI Jakarta, dalam simulasi 3 Capres terkuat, elektabilitas Anies Baswedan (49.6%), Ganjar Pranowo (27.5%), dan Prabowo Subianto (15.7%). Di Banten, dalam simulasi 3 Capres terkuat, elektabilitas Anies Baswedan (47.6%), Prabowo Subianto (28.5%), dan Ganjar Pranowo (16.1%)," kata Hanta dalam keterangan tertulis, Kamis (15/12/2022). 

"Sementara Di Jawa Barat, dalam simulasi 3 Capres terkuat, elektabilitas Anies Baswedan (36.3%), Prabowo Subianto (30.8%), dan Ganjar Pranowo (18.7%)," ujarnya. 

Ia menambahkan, di Jawa Tengah, dalam simulasi 3 capres terkuat, elektabilitas Ganjar (71,4%), Prabowo (10,8%), dan Anies (9,0%). 

"Di Jawa Timur, dalam simulasi 3 capres terkuat, elektabilitas Ganjar Pranowo (36.1%), Prabowo Subianto (25.5%), dan Anies Baswedan (19.6%)," ujarnya. 

Ia menyebut, angka elektabilitas di atas memberikan gambaran di Jakarta dan Banten, Anies relatif lebih tinggi, terpaut di atas 19 persen dibandingkan kandidat lainnya.

Sementara di Jawa Barat, Anies relatif kompetitif, hanya terpaut 6 persen dengan Prabowo. Di Jawa Timur, Ganjar terpaut 11 persen dengan Prabowo. 

"Sementara di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sangat signifikan perolehan elektbilitasnya, terpaut 60% dibandingkan kandidat lainnya," ujarnya. 

Sebagai informasi, survei ini dilakukan Poltracking pada 26 November – 2 Desember 2022.

(Sumber: KompasTV)
Baca juga :