Survei Ungkap 80,95 Persen Warga Jakarta Puas dengan Kinerja Anies, NasDem: Ini Modal Besar

[PORTAL-ISLAM.ID]  Partai NasDem menilai Anies Baswedan memiliki modal cukup besar untuk berkompetisi pada Pemilu Presiden 2024 sebagai calon presiden (capres).

Sebab berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI), masyarakat DKI Jakarta yang menyatakan puas dengan kinerja Anies selama menjabat sebagai gubernur ada di angka 80,95 persen.

“Ini sebuah tingkat kepuasan publik yang cukup tinggi ya, tentu ini menjadi modal besar (bagi Anies di Pilpres 2024),” ucap politisi Partai NasDem Willy Aditya dalam acara rilis hasil survei LSI yang bertajuk Evaluasi Publik terhadap Kondisi Umum dan Pemerintahan di DKI Jakarta, Jumat (21/10/2022).

“Sentimen publik yang positif ini tentu menjadi kredit poin yang cukup penting bagi Pak Anies yang dalam hal ini mampu menjadikan sebuah optimisme publik bagi kepemimpinan beliau.”

Willy menuturkan Partai NasDem memang tidak semata-mata memilih Anies Baswedan sebagai capres 2024 karena elektabilitasnya.

Partai NasDem, lanjutnya, juga menjadikan keberhasilan-keberhasilan Anies dalam merealisasikan DKI Jakarta menjadi kota yang lebih baik, sebagai alasan.

“NasDem sedari awal memang memiliki preferensi yaitu, bagaimana kepemimpinan tersebut tidak hanya problem elektabilitas, popularitas semata-mata, tapi apa yang menjadi daya lebih dari seorang Anies Baswedan adalah kapasitas, kapabilitas, dan integritas beliau,” ujar Willy.

“Itu yang menjadikan alasan Partai NasDem mengajukan beliau.”

Hasil survei LSI menemukan sebanyak 80,95 persen masyarakat DKI Jakarta puas dengan kinerja Anies Baswedan selama menjabat sebagai gubernur.

Dengan rincian, 16,6 persen mengaku sangat puas dan 64,2 persen cukup puas.

Sementara terhadap Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, kepuasan masyarakat berada di angkat 61,7 persen.

“Kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta selama 5 tahun terakhir itu dinilai positif oleh masyarakat, tingkat kepuasan masyarakat terhadap Gubernur DKI, setelah dia 5 tahun menjalankan tugasnya itu berada di angka yang tinggi yaitu 80 persen,” ucap Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, Jumat.

“Sejumlah program yang diunggulkan di DKI juga diketahui cukup luas oleh masyarakat dan penilaiannya juga cenderung positif.”

(Sumber: KompasTV)