Ini 5 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes 2022

[PORTAL-ISLAM.ID]  Forbes merilis deretan orang terkaya di dunia untuk tahun 2022 dalam laporan "Forbes World's Billionaire List The Richest in 2022". Di antara deretan miliarder itu, beberapa di antaranya adalah orang Indonesia.

Mengutip detikFinance dari lansiran Forbes Real Time Billionaires pada Kamis (13/10/2022), berikut merupakan 5 besar orang terkaya di Indonesia.

1. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono bersama dengan adiknya, Michael Hartono dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia berdasarkan laporan Forbes Indonesia's Richest 2021. Budi sendiri memiliki kekayaan sebesar US$ 22,3 miliar atau sekitar dengan Rp 342 triliun (kurs Rp 15.359). Menempatkan dirinya pada urutan ke-58 orang terkaya di dunia.

Sumber kekayaan Budi didominasi dari usahanya di bidang perbankan sebagai salah satu pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA). Selain itu, ia merupakan pemilik dari merek rokok terbesar di Indonesia, Djarum.

Dari sektor lainnya, ia dan Michael merupakan pemilik salah satu peralatan elektronik, Polytron.

2. Michael Hartono

Michael Hartono merupakan orang terkaya kedua di Indonesia, tepat di belakang Robert Budi Hartono. Michael memiliki kekayaan senilai US$ 21,4 miliar atau sekitar Rp 328 triliun.

Sama seperti Budi, kekayaan Michael bersumber dari BCA, Djarum, dan Polytron. Secara global, Michael menempati urutan ke-62 orang terkaya di dunia.

3. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong merupakan orang terkaya ketiga di Indonesia dengan nilai kekayaan sebesar US$ 9,5 miliar atau sekitar Rp 145 triliun. Hal tersebut membuatnya menjadi orang terkaya ke-185 di dunia.

Low Tuck Kwong merupakan pemiliki Bayan Resources, perusahaan yang bergerak di sektor batu bara. Ia juga mengendalikan perusahaan energi terbarukan Singapura, Metis Energy yang sebelumnya dikenal sebagai Manhattan Resources.

4. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia merupakan pemilik Indorama Corporation dengan jumlah kekakayaan US$ 5,7 atau sekitar Rp 87 triliun. Saat ini ia berada di urutan ke-415 orang terkaya di dunia.

5. Chairul Tanjung

Miliarder berikutnya yaitu Chairul Tanjung atau sering disapa CT. Jumlah kekayaan CT sebesar US$ 5,2 miliar atau sekitar Rp 79 triliun. Saat ini ia berada di peringkat ke-473 orang terkaya di dunia.

Sumber kekayaan CT berasal dari berbagai usaha di bawah naungan CT Corp. Adapun bisnis yang dilakukan CT Corp meliputi stasiun televisi dan media, pasar swalayan Carrefour dan Transmart, serta di bidang perbankan.