Prabowo Mulai Lirik RK Jadi Cawapres

[PORTAL-ISLAM.ID] Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memuji kepemimpinan Ridwan Kamil yang saat ini memimpin Jawa Barat. 

Dirinya pun mulai memperhitungkan kepemimpinan Ridwan Kamil dalam masa yang akan datang.

"Saya lihat Pak Ridwan Kamil ini sudah harus saya perhitungkan juga, nih," ujar Prabowo saat membuka Muktamar Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) di Hotel Sutan Raja, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022).

Pujian Prabowo ini disambut riuh para peserta Muktamar Persis.

Diketahui, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga hadir di acara Pembukaan Muktamar Persis.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Prabowo sedang melirik Ridwan Kamil menjadi pasangannya di 2024. Sebab, elektabilitas Ridwan Kamil cukup diperhitungkan.

"Sangat jelas Prabowo sedang menimbang Ridwan Kamil dilirik jadi cawapres. Pernyataan itu tentu tak lepas dari posisi RK sebagai gubernur yang saat ini punya elektabilitas lumayan diperhitungkan," kata Adi kepada wartawan, Minggu (25/9/2022).

Akan tetapi, Prabowo dinilai memiliki kendala jika mempertimbangkan Ridwan Kamil sebagai cawapres. Sebab, PKB yang saat ini telah menyatakan koalisi dengan Gerindra tetap menginginkan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai cawapres.

"Problemnya, kalau Prabowo menimbang RK dan nama lain, lalu Muhaimin Iskandar mau dikemanakan. Sementara Cak Imin harga mati harus maju. Kecuali, PKB ikhlas lillahi ta'ala berkoalisi dengan Prabowo yang tak wajib jadikan Cak Imin sebagai cawapres. Kalau itu beda cerita, RK bisa masuk radar calon pendamping Prabowo," sebutnya.

Adi menilai Cak Imin masih tetap berharap Prabowo meminang sebagai cawapres. Dia juga menilai Cak Imin ingin segera disahkan sebagai pendamping Prabowo di Pilpres 2024.

"Sampai saat ini Cak Imin tetap berharap bisa dipinang dan ditetapkan sebagai pendamping Prabowo. Buktinya, ketika dikaitkan dengan peluang mendampingi Prabowo, Cak Imin berkelakar ingin tanya Prabowo. Itu artinya, dari lubuk yang paling dalam Cak Imin ingin sekali rasanya segera disahkan Prabowo sebagai pendampingnya di 2024 nanti," jelasnya.

Lebih lanjut, Adi menilai Prabowo masih memprioritaskan PKB. Di sisi lain, Prabowo dinilai ingin menjaga komunikasi politik dengan kepala daerah.

"Pernyataan Prabowo itu untuk menjaga komunikasi politik dengan RK sebagai Gubernur Jabar. Di Jatim juga Prabowo puji Khofifah. Semua itu untuk kebutuhan komunikasi politik saja. Tetap saja Prabowo anggap PKB adalah prioritas," kata dia, dilansir detikcom.

Sebelumnya, momen kedekatan Prabowo dengan Ridwan Kamil bisa dilihat dari postingan Prabowo di akun Instagramnya yang mengunggah foto Prabowo bersama Ridwan Kamil (foto di atas) saat Pengukuhan Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia Jawa Barat Masa Bhakti 2022-2026.

Baca juga :