Uang Sogok masuk PTN 350 Juta

Uang Sogok masuk PTN 350 Juta

Dari pada keluarkan Uang Sogok 350 Juta di PTN Papan Tengah, lebih baik kuliah di Jerman!

Biaya kuliah di Jerman itu GRATIS. Tentu ada Program berbayar tapi kenapa harus ambil yang bayar? Ambil program yang gratis! Sebagian besar kuliah di Jerman itu gratis buat siapapun tanpa membedakan warna negaranya. 

Biaya hidup di Jerman buat mahasiswa sekitar 861 Euro per bulan berdasarkan aturan visa di Jerman. Uang untuk nyogok 350 juta itu bisa untuk biaya kuliah selama 2 tahunan plus tiket terbang ke Jerman. 

Dengan uang 350 juta itu bisa selama 2 tahun, semua kebutuhan hidup anak jenengan di Jerman terpenuhi. Itu sudah termasuk biaya transportasi (yang itu sekaligus kartu mahasiswa), biaya asuransi dengan standard amat bagus, juga seluruh total biaya hidup dan biaya kebutuhan kuliah.

Belum lagi kuliah di Jerman karena linkage industry maka saat praktikum bisa dapat gaji dari Perusahaan. Selain itu bisa kerja Part Time atau bisa kerja di Musim Summer. Tentu bekerjanya JANGAN sampai menganggu beban kuliah.

Hanya yang perlu dicatat jika ingin kuliah di Jerman level Bachelor harus dipersiapkan Bahasa Jermannya sejak SMA sampai level sebaiknya B2. Lalu di Jerman HARUS Studienkolleg 1 tahun (khusus buat lulusan SMA yang ingin ambil Bachelor). 

Kuliah sendiri makan waktu 3-4 tahun tergantung Programnya. Jadi butuh lamanya kuliah sekitar 4-5 tahun (termasuk 1 tahun Studienkolleg).  

Jika jenengan tertarik menyekolahkan anak jenengan kuliah di Jerman silahkan untuk cek link ini https://www.hochschulkompass.de/en/study-in-germany.html

Catatan: Untuk Program Master dan Doktor ambil yang B. Inggris saja. 

#dariTepianLembahSungaiRheinRuhr

(Ferizal Ramli)

*fb