Motor Listrik 100% Buatan Indonesia Alessa eX300 Resmi Diluncurkan

[PORTAL-ISLAM.ID]  PT Alessa Motors Nusantara telah meluncurkan motor listrik buatan Indonesia Alessa eX300. Sepeda motor listrik ini diklaim menggunakan teknologi smart battery dan dirakit di pabrik Cikarang, Jawa Barat.

Kabar tersebut dibenarkan langsung oleh President Director & Founder Alessa Motors Nusantara, Dr. Ing Tindjaja Soetadji. Dirinya menjelaskan bahwa sepeda motor listrik ini 100 persen buatan Indonesia.

"(Alessa) eX3000 adalah produk dalam negeri, merek dalam negeri dan 100 persen dimiliki orang Indonesia. Perusahaannya berdiri dari tahun 2019, bukan dari penanaman modal asing (PMA),” ujar dia, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut Soetadji menjelaskan bahwa pabrik Alessa Motors di Cikarang mampu memproduksi motor listrik sebanyak 200 unit per hari. Mereka juga dikabarkan menjalin kerja sama dengan pihak UMKM.

“Kapasitas produksi kami 200 unit per hari. Perusahaan kami mengadopsi strukturnya perusahaan startup, tidak punya karyawan dalam jumlah banyak tapi kami bermitra dengan perusahaan UKM lainnya," ucap dia.

Kendaraan listrik Alessa eX300 diketahui menggunakan smart battery dengan daya sebesar 2 kWh. Kekuatan itu dinilai lebih besar bila dibandingkan dengan beberapa motor di kelasnya, yakni 1,2 atau 1,5 kWh.

"Dengan daya 2 Kwh tersebut, jarak tempuh baterai eX3000 bisa mencapai kecepatan rata-rata 70 km/jam," kata dia. “Kami datang dengan konsep spesifikasi tinggi, harga terjangkau. Desain kita minimalis tapi bergaya anak muda."

(Sumber: ANTARA)