Terkait Pemindahan Aset Jakarta ke IKN, Rocky Gerung: Istana Negara Mau Jadi Panggung Dangdut?

[PORTAL-ISLAM.ID]  engamat politik, Rocky Gerung memberikan komentarnya terkait upaya Pemerintah yang dikabarkan akan mengatur aset DKI Jakarta untuk keperluan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

Sebagai informasi, proses pemindahan IKN dari Jakarta sudah dimulai secara bertahap.

Adapun alasan Pemerintah memindahkan tugas ibu kota dari Jakarta ke Penajam Paser Utara bertujuan untuk meringankan beban Jakarta yang sudah terlalu berat.

Terlebih dari sebanyak 55 persen penduduk Indonesia terkonsentrasi di pulau Jawa sedangkan di pulau lainnya termasuk Kalimantan hanya 10 persen.

Kemudian, Jakarta menjadi kota dengan penduduk paling terpadat di urutan kesepuluh dan posisinya naik satu peringkat ke posisi sembilan pada tahun 2017.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan mencatat total aset negara mencapai Rp11.098 triliun, di antaranya sebanyak Rp1.000 triliun berada di DKI Jakarta.

Aset-aset tersebut meliputi gedung-gedung perkantoran dan sejumlah bidang tanah. Maka dari itu, Rocky Gerung melihat aksi dari Pemerintah dengan rasa heran.

“Ya, (coba) itu kita bayangin apa yang mau dijual tuh, Monas akan diambil emas di atasnya buat dijual? Kira-kira begitu kan," ujar Rocky Gerung di kanal YouTube pribadinya, Rocky Gerung Official pada hari Kamis, 5 Mei 2022.

"Nah itu baru aset pemerintah pusat tuh. Lalu Istana Negara mau diubah jadi panggung dangdut apa? Nah ini hal-hal yang kita mau bayangkan kok norak amat itu,” lanjutnya


Rocky Gerung menambahkan jika upaya Pemerintah tersebut nanti akan mendapatkan pertanyaan dari masyarakat.

“Rakyat menganggap 'ini akal-akalan apa, atau di baliknya ada desain apa',” ucap Rocky. [hops]