Media Jerman Soroti Salat Ied Dipenuhi Ribuan Umat Muslim di JIS

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Ribuan umat muslim di Jakarta melaksanakan salat Idulfitri di Jakarta International Stadium (JIS) pada Senin (2/5/2022). Bukan hanya warga Jakarta, ada juga yang datang dari luar daerah hanya untuk merasakan salat Ied di stadion yang baru selesai dibangun itu.

Keramaian ini juga rupanya mengundang perhatian internasional. Media internasional milik Pemerintah Jerman Deutsche Welle (DW News) turut memberitakan dengan mengunggah video di laman Twitter @dwnews.

Dalam video yang diunggahnya tampak ribuan umat muslim menjejali plaza JIS seiring kebahagiaan menyambut hari raya Idulfitri. Kebahagiaan ini juga dirasakan umat muslim di seluruh Indonesia yang selama dua tahun tidak merayakan lebaran akibat pandemi Covid-19.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga salat ied di JIS. Anies beryukur telah menunaikan janjinya membangun stadion bertaraf internasional untuk warga Jakarta.

"Kita bersyukur pada pagi hari ini sama-sama bisa Salat Idul Fitri sekaligus menyaksikan sebuah janji telah tertunaikan Jakarta Internasional Stadium sebuah mahakarya yang dikerjakan oleh anak bangsa," kata Anies kepada wartawan usai Salat Ied di JIS, Senin (2/5/2022) lalu.
 
Menurutnya, pembangunan stadion ini cukup cepat, terlebih di tengah tantangan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Dikerjakan dalam suasana pandemi ketika groundbreaking dilakukan lima bulan, kemudian Jakarta diterpa pandemi dan semua pekerja dalam senyap semua bekerja keras anak-anak bangsa akhirnya menuntaskan JIS," kata Anies.

Dia pun turut bersyukur lantaran menjadi orang pertama bersama warga lainnya bersujud dalam Salat Ied di JIS.

"Kita menjadi pribadi-pribadi pertama yang menggunakan tempat ini untuk bersujud di hadapan Allah SWT." ucapnya.

JIS diketahui dapat menampung 82 ribu orang, sama dengan kapasitas Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) dan melewati masa pemerintahan lima gubernur DKI Jakarta mulai dari perencanaan sampai konstruksi.

[VIDEO]