Dukungan Politis di Pelataran JIS

JAKARTA – Kehadiran Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dalam salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS) bukanlah kebetulan. Tempat duduk Zulkifli pun istimewa. Ia berdampingan dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Zulkifli, kepada sejumlah awak media pada saat pelaksanaan salat Id, mengatakan hadir atas undangan khusus Anies. Pernyataan Zulkifli ini kembali dikuatkan oleh Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi.

Bersama Zulkifli, beberapa politikus PAN melaksanakan salat Id di JIS. Mereka juga hadir atas undangan pemerintah DKI Jakarta. Alasan lain, mereka hadir karena ingin melihat langsung JIS, yang baru selesai dibangun. “Karena waktunya pas, ya, jadi hadir,” kata Viva, kemarin, seperti dilansir.

Viva juga tak menepis adanya kedekatan politik antara PAN dan Anies. Menurut dia, Anies merupakan salah satu tokoh yang masuk dalam radar partainya untuk diusung sebagai calon presiden 2024. Pertimbangannya, tingkat keterpilihan Anies yang tinggi serta melihat hasil kerja Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta. 

Selain di PAN, nama Anies mencuat di lingkup internal Partai NasDem dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Pengurus wilayah NasDem Jawa Barat dan Yogyakarta mengusulkan ke pengurus pusat NasDem agar Anies yang diusung sebagai calon presiden 2024. 

Sebelum NasDem Jawa Barat dan Yogyakarta, pengurus wilayah PPP DKI Jakarta lebih dulu mengajukan Anies ke pengurus pusat partainya. Alasan mengusung Anies karena dia dinilai memiliki elektabilitas tinggi dan mempunyai kedekatan dengan partai mereka.

(Sumber: Koran Tempo)