Bikin Sejarah di Inggris, Blackburn Rovers Jadi Club Pertama Gelar Salat Idul Fitri di Stadion

[PORTAL-ISLAM.ID]  Blackburn Rovers menjadi klub sepak bola Inggris pertama yang menggelar Shalat Idul Fitri di stadion. Shalat Idul Fitri di Ewood Park, markas Blackburn dihadiri oleh ribuan umat muslim. 

Ribuan orang berduyun-duyun ke Ewood Park, kandang Blackburn Rovers, klub kontestan divisi Championship, kasta kedua Liga Inggris, pada Senin (2/5/2022) pagi waktu Inggris. 

Kehadiran mereka bukan untuk menonton Blackburn Rovers bertanding, melainkan merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1443 Hijriah.

Menurut laporan Yahoo Sport, umat muslim sekitar mulai berduyun-duyun datang ke Ewood Park pada pukul 08.30 pagi waktu setempat. 

Sebagian besar umat yang datang untuk ibadah datang bersama-sama menggunakan bus yang sudah disiapkan oleh panitia penyelenggara. 

Ibadah Shalat Id di Ewood Park dipimpin oleh Sheikh Wasim Kempson. Umat lantas juga disambut langsung oleh Chief Executive Blackburn Rovers, Steve Waggott beserta Walikota Blackburn, Darwen Cllr Derek Hardman.

"Terasa luar biasa berada di sini di stadion. Saya bukanlah fan sepak bola, namun saya berterima kasih mereka menyelenggarakan ini untuk komunitas," kata Umar, salah satu umat Islam yang hadir beserta istri dan anaknya.

"Stadionnya indah dan semua orang diterima. Saya sangat berharap ini akan menjadi acara reguler," ujarnya menambahkan.

Yaqoob yang datang beribadah bersama sang ayah, menyebut inisiatif Blackburn ini merepresentasikan betul semangat Idul Fitri.

"Ada keluarga muda dan tua. Inilah yang dimaksud dengan Idul Fitri. Shalat berjemaah bersama."

"Menyenangkan bisa membawa serta anak-anak dan istri beribadah," kata pria berusia 43 tahun itu. 

Blackburn merupakan salah satu kota di Inggris yang mempunyai banyak komunitas muslim. Melansir Mail on Sunday, tercatat persentase penduduk beragama Islam di wilayah Blackburn mencapai 29 persen dari total populasi.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Statistik (ONS) Inggris, dijelaskan bahwa total warga Muslim di Inggris sebanyak 3.114.992 orang pada 2014.[Kompas]

[VIDEO]