Anies Pastikan Pemprov DKI Tidak Akan Membiarkan Warga Sendirian Dalam Menghadapi Musibah Kebakaran Pasar Gembrong, Akan Dibantu Sepenuhnya

Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun, turut berduka atas musibah kebakaran yang menimpa 450 keluarga di Pasar Gembrong pada Senin dini hari (25/4/2022).

Setelah tuntas pemadaman, Pemprov DKI Jakarta langsung memberikan bantuan untuk warga yang terdampak.

Bagi warga, disiapkan tempat tinggal sementara, seluruh kebutuhan dasarnya, makan/minum dan sandang disiapkan, sehingga warga bisa tetap tinggal sementara di sini dan tidak terlantar. Kemudian, Dukcapil mendata catatan kependudukan, sehingga dokumen yang terbakar akan bisa langsung disiapkan penggantinya.

Kemudian bagi para pedagang yang terdampak, mereka akan disiapkan tempat berjualan oleh Pasar Jaya, di kawasan pasar sudah ada 40 kios yang disiapkan. Mereka juga diberikan bantuan berupa modal agar mereka punya bekal awal untuk memulai lagi, apalagi menjelang akhir Ramadan yang terjadi perputaran perekonomian yang bisa mereka nikmati.

Setelah kebutuhan dasar terpenuhi, ada layanan pemulihan. Kita memberikan rehabilitasi psikis bagi anak-anak ataupun orang dewasa yang mengalami trauma. Pada fase ini adalah fase menyelamatkan dan memastikan kelangsungan hidup agar mereka sehat baik secara fisik maupun psikis.

Kami di Pemprov DKI tidak akan membiarkan warga sendirian, kami akan dampingi, bantu, dan pastikan semua dukungan yang diperlukan bisa diberikan. Kami mengapresiasi para pimpinan masyarakat, baik RT, RW, LMK, Dinas Gulkarmat dan lain-lain yang telah bekerja non-stop membantu warga.

(Anies Baswedan)