BMKG Prediksi Hujan Turun Saat MotoGP, Sandiaga Mengaku Kapok Pakai Pawang Hujan di MotoGP Mandalika

[PORTAL-ISLAM.ID] Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi terjadi hujan sedang hingga lebat selama perhelatan MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat tanggal 18-20 Maret 2022.

“Prospek kondisi cuaca area Mandalika selama tiga hari ke depan didominasi oleh adanya potensi berawan hingga hujan sedang,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Nur Siti Zulaicha dalam keterangan tertulisnya di Praya, Kamis (17/3/2022).

Pada tanggal 18 Maret diperkirakan terjadi potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di area Mandalika pada siang sampai sore hari. Selanjutnya pada tanggal 19 Maret diperkirakan cerah berawan hingga hujan sedang pada siang hari sampai sore hari.

“Pada tanggal 20 Maret diperkirakan hujan sedang hingga lebat pada siang sampai malam hari,” katanya.

Untuk itu, BMKG juga mengimbau warga untuk waspadai adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima, dan Dompu.

“Potensi hujan terjadi pada siang hingga malam hari,” katanya.

BMKG juga mengimbau warga untuk waspadai gelombang tinggi yang mencapai 2 meter atau lebih di selat Lombok bagian utara dan selatan, selat alas, Samudera Hindia selatan NTB dan Selat Sape bagian selatan.

Sandiaga Mengaku Kapok Pakai Pawang Cegah Hujan di MotoGP Mandalika

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno merasa kapok memakai jasa pawang untuk mencegah hujan di pelaksanaan balap MotoGP di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret mendatang.

Sandiga mengaku sebelumnya mereka sempat menyewa jasa pawang untuk mencegah hujan saat World Superbike di Mandalika November 2021 lalu. Namun, hujan kala itu tetap turun deras.

"Waktu World SuperBike itu ada pawang, Pak. Tapi akhirnya pawangnya menuntut pihak panitia Pak, karena pawangnya," kata dia dalam rapat kerja di Komisi X DPR RI, Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Oleh karena itu, Sandi berkata, selain menggunakan jasa pawang, pihaknya juga akan menggunakan rekayasa cuaca yang melibatkan BRIN, BMKG, dan TNI AU.

"Namanya teknologi modifikasi cuaca. Jadi melibatkan BRIN, BMKG dan TNI AU kita harapkan bisa membantu memitigasi situasi," katanya.

Namun, ia tetap mewaspadai cuaca buruk selama balapan berlangsung.

Selain itu, Politikus partai Gerindra itu memastikan persiapan pelaksanaan MotoGP yang akan digelar kurang dari dua hari itu telah siap 100 persen. Ia dan Menteri PPU, Basuki Hadi Muljono pun telah mengecek kesiapan jelang hari balapan.

"Baru kemarin kita merampungkan rapat sinkronisasi putaran ke-12 dengan Pak Hadi dan jajaran, semuanya sudah ready to go, 100 persen," katanya.

Puncak balapan MotoGP Mandalika, NTB akan digelar pada Minggu (20/3/2022). Balapan MotoGP Mandalika bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans7 dan live streaming di CNNIndonesia.com.

(Sumber: Fajar, CNN)