Malaysia vs Indonesia, Mana negara paling maju? Mari kita lihat Data ini...

Malaysia vs Indonesia

Mana negara paling maju?

Mari kita lihat angka-angka ini (lihat gambar di atas):

1. Dari pendapatan per kapita, Malaysia adalah nyaris 3x lebih tinggi dibanding Indonesia. Itu ibaratnya, kamu cuma berpenghasilan 3 juta per bulan. Tetangga kamu 9 juta per bulan.

2. Lantas dari pendapatan yang lebih tinggi tersebut, ternyata di Malaysia, harga minyak goreng subsidi-nya jauh lebih murah. Pun harga BBM-nya jauh lebih murah (dengan kualitas lebih baik).

3. Tapi kabar baiknya, Malaysia rasio utangnya 67%, Indonesia hanya 41%.

Jadi, mari kita fokus saja ke: 'Semua negara utang!'. 'Lihat negara tetangga juga utang!' 'Dasar provokator, utang itu biasa saja dong, asal buat pembangunan dan rakyat.'

Sementara soal fakta pendapatan lebih tinggi, harga minyak goreng lebih rendah, BBM lebih rendah, dll, jangan dibahas deh. Kita fokus saja ke utang. Nah, kalau tetap memang mau cari pembanding, mbok ya ambil Laos, Timor Lester, atau Zimbabwe, dkk.

Sekarang kalian tahu lebih maju negara mana? Malaysia atau Indonesia? Jangan halu dan ngimpi. Pakai data jawabnya.

Baiklah, sebagai informasi tambahan, 3 juta lebih penduduk Indonesia pergi ke Malaysia, jadi pekerja kasar di sana (TKI/TKW). Kenapa? Karena di negeri sendiri tidak ada pekerjaannya. Dan di negara tetangga, meski penuh derita, susah payah bertaruh nyawa, gajinya tetap lebih oke.

Tenang, UU Cipta Kerja, Ibu Kota Negara baru, dll, dsbgnya, akan membuat 3 juta orang-orang ini kembali karena lapangan pekerjaan meroket tajam. Yakin deh. Seyakin utang yang akan terus meroket.

Sementara bansos di korup, dan Harun Masiku entah sedang di mana. Mungkin lagi antri minyak goreng di Alfamart.

(By Tere Liye)

*fb