Gagalkan Percobaan Bunuh Diri, Sopir TransJakarta Ini Diundang Anies ke Balai Kota

[PORTAL-ISLAM.ID]  Aksi sopir bus TransJakarta bernama Khaerun yang menggagalkan percobaan bunuh diri seorang perempuan viral di media sosial.

Atas aksinya itu, Khaerun diundang langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk datang ke Balai Kota sebagai bentuk apresiasi.

Anies mengapresiasi Khaerun yang telah menyelamatkan seorang wanita yang hendak bunuh diri di jalan layang Jembatan Tiga, Jakarta Barat pada Selasa (25/1/2022) lalu.

"Terima kasih Pak Khaerun sudah menunjukkan respon sebagai seorang yang bertanggungjawab. Dalam peristiwa yang tidak terduga Bapak memilih untuk peduli dan bertindak, memilih menyelamatkan sesama warga dan tidak membiarkannya sendiri," tulis Anies dalam akun Twitternya, @aniesbaswedan, dikutip Sabtu (29/1/2022). 

"Bapak adalah teladan bagi kita semua," tambah Anies.

Dalam unggahan yang sama, Khaerun mencertakan detail soal tindakannya itu. Ia mengaku spontan saja untuk mengevakuasi wanita muda tersebut.

"(Reaksinya) tetap histeris, di mobil pun ketika saya bawa, (wanita itu) masih histeris," kata Khaerun menceritakan kronologi kejadian kepada Anies.

Dalam pertemuan yang singkat itu, Anies memberikan topi dan rompi bertuliskan "Jaki" kepada Khaerun.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial. Video tersebut memperlihatkan aksi Khaerun yang saat itu bertugas sebagai sopir bus TransJakarta dengan nomor PPD 707 rute Pluit-Pinang Ranti (Koridor 9), menyelamatkan wanita muda yang hendak bunuh diri di Jembatan Tiga, Jakarta Barat pada Selasa lalu sekitar pukul 16.25 WIB.

Khaerun langsung berusaha membujuk wanita tersebut, bahkan dia berinisiatif turun dari bus untuk menggagalkan niat bunuh diri wanita tersebut.

Saat mencoba membujuk itulah, dengan sigap Khaerun itu menarik tubuh wanita yang tidak diketahui identitasnya tersebut.

Wanita yang diperkirakan berusia sekitar 20 tahun itu lalu dibawa ke dalam bus, kemudian diserahkan ke Pos Polisi Jembatan Besi, Jakarta Barat.

Khaerun lalu melanjutkan tugasnya sebagai sopir TransJakarta.

Layanan Kesehatan Mental

Belajar dari kejadian itu, Anies berpesan kepada warga untuk tidak mengabaikan kesehatan jiwa yang tak kalah penting dari kesehatan fisik.

Ia mengimbau, apabila ada teman atau orang yang mengalami cemas, depresi, atau masalah kesehatan jiwa lainnya, untuk tidak ragu untuk menghubungi dan berdiskusi dengan pihak terkait. Seperti psikolog, psikiater, dan klinik kesehatan jiwa.

Dinas Kesehatan Jakarta, kata dia, menyediakan psikolog gratis bagi warga yang ingin melakukan konsultasi kesehatan jiwa di 23 lokasi konsultasi gratis di 23 puskesmas Jakarta dengan BPJS.

Konsultasi daring juga bisa melalui laman https://sahabatjiwa-dinkes.jakarta.go.id dan bisa dijadwalkan konsultasi lanjutan dengan psikolog di puskesmas apabila diperlukan.[Kompas]

[VIDEO]
Baca juga :