Recep Uyar, Muazin Turki Yang Mempopulerkan 5 Gaya Azan Berbeda Untuk Setiap Waktu Shalat, Meninggal Dunia

[PORTAL-ISLAM.ID]  Recep Uyar, yang terkenal karena mempopulerkan 5 gaya azan di Turki, wafat di waktu Subuh karena serangan jantung. Semoga legasinya abadi dan jadi amal jariyah beliau.

Dilansir DailySabah, Recep Uyar, muazin dari Yeşil Camii (Masjid Hijau) yang terkenal di provinsi Bursa, barat laut Turki, meninggal karena serangan jantung pada hari Ahad (26/12/2021). Uyar terkenal karena melantunkan azan dengan 5 melodi yang berbeda untuk setiap waktu shalat wajib 5 waktu.

Hampir semua orang di Turki mengenal nama Recep Uyar melalui media sosial atau berita nasional setelah dia memukau sekelompok turis yang mengunjungi masjid era Ottoman yang dibangun pada abad ke-15 dalam sebuah video viral. Recep Uyar melantunkan azan dalam lima bentuk berbeda, yang disebut sebagai maqams, dalam rekaman tersebut.

Jenazah Uyar dimakamkan di lingkungan Armutçuk di distrik Büyükorhan di Bursa setelah salat jenazah yang diadakan di Masjid Hijau.

Setelah bekerja sebagai imam di Izmit selama 20 tahun, Uyar ditugaskan di Masjid Yeşil di provinsi Bursa pada tahun 2002 dan menjabat sebagai müezzin di sana sejak itu hingga wafatnya.

[Video 5 Gaya Azan Recep Uyar]