Kabar Buruk Bagi Pembenci Anies... Aplikasi JAKI Raih Medali Emas di Ajang ASEAN ICT Awards 2021

[PORTAL-ISLAM.ID] Aplikasi JAKI (Jakarta Kini) yang merupakan aplikasi untuk berbagai layanan dan pengaduan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih medali emas untuk kategori sektor publik pada kompetisi teknologi dan inovasi tingkat Asia Tenggara di ASEAN ICT Awards 2021.

"Ini merupakan prestasi yang luar biasa dan sangat membanggakan. Pemprov DKI Jakarta merupakan instansi pemerintah yang pertama kali menyumbangkan medali emas untuk Indonesia," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan seperti dikutip dari siaran pers PPID Jakarta, Senin, 20 Desember 2021.

Dalam kompetisi ASEAN ICT Awards 2021 itu, penilaian dilakukan oleh sepuluh orang juri yakni dari masing-masing negara anggota ASEAN serta dua juri independen dari Jepang dan Cina.

JAKI berhasil mengalahkan negara-negara unggulan di final, seperti Singapura yang selalu mendominasi dan menjadi juara di ajang AICTA untuk kategori sektor publik. 

Salah satu juri, Shinta Laksmi dari Indonesia, mengatakan, aplikasi JAKI dinilai komprehensif dalam menyelesaikan banyak persoalan di sektor publik.

"Banyak layanan jadi lebih efektif dan efisien, sehingga memudahkan warga tanpa harus mengunduh banyak aplikasi," katanya melalui siaran pers PPID DKI Jakarta.

Shinta menambahkan, Indonesia belum pernah meraih medali emas untuk kategori sektor publik pada ajang tersebut.

JAKI merupakan sebuah wadah yang mengintegrasikan lebih dari 60 fitur ke dalam satu platform dengan memberikan layanan yang lebih efisien dan menjadi ekosistem bagi pemerintah dan warga berkolaborasi.

Sebelum berlaga di ASEAN, JAKI terpilih sebagai karya terbaik kategori sektor publik pada ajang IdenTIK 2020.

Pencapaian tersebut mengantarkan aplikasi JAKI menjadi wakil Indonesia untuk nominasi yang sama pada tingkat ASEAN di ASEAN ICT Awards 2021.

Sebelumnya, Indonesia pernah tercatat menjuarai AICTA yakni Smartcard for Frequent Traveler yang mendapat predikat gold pada AICTA 2013. Adapun e-voting Pilkada meraih predikat silver pada AICTA 2018. Setelah delapan tahun penantian, Indonesia kembali menyabet medali emas melalui platform aplikasi JAKI. 

(Sumber: TEMPO)