Lagi-lagi HOAX: Heboh Perahu yang Ditumpangi Anies Baswedan dan Rombongan Terbalik di Sungai

[PORTAL-ISLAM.ID]  Akun Facebook Puspa Kencana bikin warganet heboh dengan mengunggah sebuah video pada grup Facebook Informasi Seputar Presiden Joko Widodo (PROJO) belum lama ini. 
 
Dalam video terlihat rombongan yang tengah menaiki sebuah perahu. Si pengunggah menyebut kalau Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ada dalam perahu tersebut.
 
Video tersebut diklaim merupakan rombongan Anies Baswedan yang sedang menaiki perahu di sebuah sungai dan perahu tersebut terbalik.

"Astaga... Kasihan Pak Anis kejebur di sungai.. NGAGAK BARENG HAHAHAHA" tulis si akun.  

Benarkah video tersebut? 
 
Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Orang yang berada dalam video tersebut bukanlah Anies Baswedan, melainkan Surendra Pataji yang merupakan Wali Kota Panaji, India. 
 
"Peristiwa tersebut terjadi pada tahun 2016 di Sungai St. Inez, dan terjadi karena adanya kelebihan muatan sehingga perahu tersebut terbalik," tulis turnbackhoax, Kamis, 25 November. 

Dengan demikian, narasi yang diunggah pada grup Facebook Informasi Seputar Joko Widodo (PROJO) oleh akun Puspa Kencana tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori false context atau konteks yang salah alias HOAX.(*)