Jawaban Anies Baswedan saat Ditanya Soal Pilpres 2024

[PORTAL-ISLAM.ID]  Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selalu masuk dalam tiga besar calon presiden potensial di sejumlah hasil survei yang dirilis lembaga survei. Atas alasan itu, sikap Anies dalam menyongsong 2024 sangat ditunggu oleh khalayak negeri ini.

Pada saat Anies berkunjung acara vaksinasi di Vihara Dharma Jaya Toasebio, Jalan Kemenangan III, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Sabtu (4/9/2021), pertanyaan tentang Pilpres 2024 ditanyakan oleh wartawan.

Jawaban dari Anies tegas. Untuk saat ini dia memilih fokus menangani pandemi Covid-19 dengan mempercepat proses vaksinasi.

“Kita ngomong vaksin aja dulu, ya," ujarnya kepada wartawan.

Anies lantas mengurai bahwa pengendalian pandemi Covid-19 adalah kunci masyarakat yang sejahtera. Untuk itu, dia mengajak masyarakat untuk menuntaskan kasus ini.

“Begitu Covid-nya terkendali, maka perekonomian bisa bergerak kembali," kata Anies.

Menurut Anies, penurunan kasus Covid-19 di Jakarta saat ini sangat sifnifikan. Bahkan positivity rate berada pada tiga hingga empat persen.

“Menurut standar WHO di bawah lima persen itu disebut aman. Jadi, kondisi pandemi di Jakarta sudah terkendali," kata Anies.

Hal tersebut, dinilainya sejalan dengan target Pemprov DKI Jakarta agar makin sedikit warga terpapar Covid-19, sehingga berimbas pada ringannya sistem kesehatan di Jakarta.

Anies juga menyebut, indikator situasi pandemi Covid-19 di Jakarta adalah kasus aktif Covid-19 yang saat ini juga turun signifikan dari sekitar 113.000 kasus pada bulan Juli, menjadi sekitar 6.000 kasus aktif saat ini.

"Artinya, dalam sebulan lebih, seluruh warga bekerja bersama menjaga protokol kesehatan dan menyaksikan penurunan yang sangat signifikan," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Vaksinasi Sudah 118 Persen

Anies Baswedan mengatakan sampai saat ini vaksinasi Covid-19 di Jakarta sudah mencapai 118 persen dari target. Namun masih ada 2,7 juta orang ber-KTP DKI yang belum divaksin.  

Menurut Anies, Pemprov DKI Jakarta terus mengejar pemberian vaksin kepada 2,7 juta orang itu.

Atas dasar itu, Anies Baswedan mengapresiasi acara vaksinasi yang digelar oleh Vihara Dharma Jaya. 

“Yang kami sangat apresiasi juga petugasnya adalah umat yang meluangkan waktunya untuk sebuah kegiatan kemanusiaan,” tutur Anies. “Semoga usaha kita untuk menjangkau 2,7 juta bisa segera tuntas.”

Berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta, hingga 3 September sudah ada 9.821.061 orang yang menerima vaksin Covid-19 dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua telah mencapai 6.028.830 orang. Adapun target vaksinasi di Jakarta sebesar 8.941.211 orang. (*)