Gubernur Kelas Dunia

[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpilih sebagai ketua Mayor Summit Urban 20, yang akan digelar di Jakarta tahun depan.

Mayor Summit U20 merupakan forum diskusi para pemimpin kota dunia yang hasil pembahasannya menjadi pesan kolektif bagi para pemimpin negara-negara G20 mengenai pembangunan dan peran kota di sektor ekonomi, lingkungan dan politik.

"Tadi malam pada U20 Mayors Summit 2021, kami menerima mandat sebagai Ketua U20 untuk tahun 2022. Acara serah terima berlangsung secara daring, dengan tuan rumah Kota Roma dan Milan," kata Gubernur Anies seperti dikutip dari unggahan di akun Facebook miliknya pada Sabtu (4/9/2021).

Dikatakan Anies lebih lanjut, sebagai ibu kota negara yang tergabung dalam anggota C40 Cities dan United Cities and Local Governments (UCLG), Jakarta menyambut positif kolaborasi dalam upaya mengatasi krisis iklim bersama kota-kota terbaik di dunia dan akan memastikan kontinuitas dalam U20 2022.

"Dalam diskusi semalam kami sampaikan kepada semua pemimpin kota U20 untuk berkolaborasi, bersatu, dan memperluas upaya terbaiknya untuk memenuhi target kolektif dari Perjanjian Paris dan SDGs. Kita juga terus akan meningkatkan integrasi vertikal dalam pembuatan kebijakan dan implementasinya dengan negara-negara sahabat," jelas Anies.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan Anda semua, para pemimpin kota U20, penyelenggara dan mitra untuk memperkuat suara kolektif kita dalam presidensi Indonesia pada G20 berikutnya," ujar Anies.

"It is time to reflect, It is time to reset, But more importantly, It is time to act together (Ini adalah saatnya untuk bergerak bersama, karena masa depan kota ada di tangan kita semua)," tutup paparan Anies.

Terpilihnya Anies Baswedan di level internasional ini menuai beragam ucapan selamat dan apresiasi dari masyarakat luas.

"Selamat Pak Anies, diberi amanah menjadi Ketua U20 semoga kepintaran bapak dan ketenangan yang bapak miliki menular ke seluruh dunia... yang pasti dengan terpilihnya Pak Anies mengkonfirmasi bahwa kepemimpinan Pak Anies diakui dunia," ujar Yogi Rangkayo.

"Kelas internasional....Meski jabatan "hanya" gubernur, telah sering mengharumkan nama bangsa karena kecerdasan beliau," ungkap Suhadi Mawon.

"Keren....kelas dunia, hebat pak Anies Baswedan," ujar Sri Hardo.(*)