Di Wikipedia, Arteria Dahlan dan Bachtaruddin (Pendiri PKI Sumbar) Terhubung


Arteria Dahlan

“Ini Arteria Dahlan, Kakeknya Bachtaruddin itu pendiri PKI Sumatera Barat dan anggota Konstituante 1955,” kata Tokoh Pers Sumatera Barat, Hasril Chaniago di acara ILC tvOne, Selasa (8/9/2020) malam.

Seketika nama politikus PDIP itu kini jadi Trending di Twitter.

Namun di laman berita RMOL, Politisi PDIP Arteria Dahlan yang disebut keturunan pendiri PKI Sumbar membantah pernyataan Hasril Chaniago. Arteria menyebut kakeknya tokoh dari Partai Masyumi.

Sebenarnya kalau mau sedikit teliti membaca Wikipedia, tanpa diucapkan oleh Hasril Chaniago di ILC semalam, kita bisa tahu.

Mungkin kita tidak kenal dengan nama Bachtaruddin, tapi kalau membuka tentang Arteria Dahlan di Wikipedia, di bawah Lihat Pula ada link yang mengantar ke Bachtaruddin. Begitu juga di Bachtaruddin ada link menuju ke Arteria Dahlan.

Selama ini publik mengenal Arteria sebagai keturunan Rasuna Said. Betul memang. Kata Wikipedia, moyang Arteria, ayah Bachtaruddin adalah H. Said. Nah, Rasuna Said itu saudara tiri Bachtaruddin, dari ibu yang lain tentu saja.

Bachtaruddin lahir di Maninujau tahun 1907, meninggal di Jakarta tahun 1956. Wikipedia bilang memang betul Bachtaruddin pendiri dan pemimpin PKI Sumbar. Wikipedia masih menulis Sumbar,  dulu benama Sumatera Tengah, meliputi Sumbar, Jambi, dan Riau.

Dengan perolehan kursi 6.591, dalam Pemilu tahun 1955, Bachtaruddin terpilih sebagai anggota DPR RI dari Partai PKI mewakili daerah pemilihan Sumatra Tengah. Di DPR RI, Bachtaruddin menjadi pimpinan Fraksi PKI dengan jabatan Wakil Ketua I. Namun, ia meninggal di tengah masa jabatannya. Kursi yang ditinggalkannya diisi oleh Anwar Kadir.


Akademi Ilmu Politik Bachtaruddin, yang diambil dari namanya, didirikan setelah kematiannya sebagai sekolah kader-kader PKI.

Silakan baca sendiri deh sebelum ada tangan siluman mengutak-atik isi Wikipedia tentang Bachtaruddin ini.

https://id.wikipedia.org/wiki/Bachtaruddin

https://id.wikipedia.org/wiki/Arteria_Dahlan

(By Bang Rojak)


[Video - ILC]
ipt>
loading...