Macam-macam Jenis Keajaiban & Kejadian Luar Biasa


Macam-macam Jenis Keajaiban & Kejadian Luar Biasa 

Di dunia ini sejak dahulu kala hingga saat ini pernah bahkan seringkali terjadi hal-hal yang luar biasa di luar nalar manusia normal suatu keajaiban atau kejadian luar biasa yang dialami oleh seseorang, sehingga menimbulkan beragam reaksi dan ungkapan istilah. Seperti; sakti mandraguna, ilmu kanuragan, ilmu hitam/putih, pelet, sihir dsb.

Di sini saya akan menguraikan setidaknya ada 7 istilah / jenis hal-hal keajaiban dan kejadian tsb dalam perspektif aqidah Islam.

1. Irhash ( إرحاص )

Irhash adalah keajaiban/kejadian luar biasa yang dialami oleh calon nabi & rasul. Yaitu ketika mereka masih bayi atau balita lalu masa kanak-kanak kemudian masa remaja hingga usia dewasa sebelum mereka resmi diangkat sebagai nabi dan rasul utusan Allah SWT. Contohnya, bayi Musa yang selamat ketika dilarungkan ibundanya ke Sungai Nil lalu ditemukan oleh istri Firaun dan diambil sebagai anak angkatnya. Ada pula Ismail yang mau disembelih kemudian seketika itu pula diganti oleh Allah dengan munculnya seekor domba. Kisah Muhammad remaja yang dadanya dibelah oleh Malaikat Jibril agar dibersihkan hatinya kemudian dirapatkan kembali seperti sedia kala. Atau kisah ketika beliau yang diajak pamannya berdagang ke negeri Syam yang selalu dinaungi awan dst...

2. Mu'jizat ( معجزة )

Mu'jizat adalah suatu kejadian luar biasa yang khusus dialami oleh para nabi dan rasul utusan Allah. Seperti mu'jizat Nabi Musa yang bisa membelah lautan dengan tongkatnya atau tongkatnya bisa berubah menjadi ular yang besar. Mu'jizat Nabi Ibrahim yang dibakar oleh Raja Namrudz namun tidak terbakar justru beliau merasa sejuk. Mu'jizat Nabi Isa yang mampu menyembuhkan orang sakit lepra atau menghidupkan orang yang sudah meninggal atas izin Allah dll kisah masing-masing mu'jizat para Nabi dan Rasul.

3. Karomah ( كرامة ) 

Karomah adalah suatu keajaiban atau kejadian luar biasa yang dialami oleh selain nabi dan rasul yaitu para Auliya'ullah (wali-wali Allah), orang-orang shalih yang beriman dan bertaqwa yang hidupnya hanya untuk mengabdi kepada Allah, para imam, ulama, mujahid dst...

Misalnya kisah Maryam yang selalu mendapatkan rezeki berupa makanan dan minuman di mihrabnya tanpa diketahui dari mana datangnya. Kisah karomah Umar bin Khatthab yang jika berjalan setan-setanpun minggir ketakutan dsb tentang kisah karomah para imam dan ulama besar yang sering kita dengar kisahnya.

4. Ma'unah ( معونة )

Ma'unah adalah kejadian luar biasa yang dialami oleh orang muslim biasa selain para nabi dan rasul, bukan pula para wali-wali Allah. Hanya orang biasa bahkan orang awam yang beriman. Misalnya ada kisah nyata yang luar biasa yang dialami oleh seseorang yang tanpa ia pelajari sebelumnya tiba-tiba saja terjadi berkat pertolongan Allah SWT. Tentu ini sering kali terjadi siapapun dia.

5. Sulap / Trik

Sulap atau trik yang dilakukan oleh seseorang pasti sebelumnya ia pelajari terlebih dahulu cara-caranya agar nampak luar biasa. Bisa dengan memakai alat bantu atau mengandalkan kecepatan tangan dsb... yang membuat orang-orang terpukau.

6. Sihir ( سحر )  

Sihir biasanya menggunakan bantuan dukun atau orang pintar bahkan jin atau berkolaborasi dengan dunia jin, iblis, setan dst. Sihir ini terkadang disebut juga dengan istilah pelet, guna-guna, tenung, pesugihan, dsb... dengan tujuan dan niat bermacam-macam. Sihir ini bisa dipelajari dan diwarisi namun haram hukumnya bagi orang beriman.

7. Istidraj ( استدراج )

Istidraj adalah kelebihan-kelebihan yang dialami oleh orang-orang yang kafir dan muslim jauh dari Allah. Hidupnya penuh maksiat tapi kekayaannya semakin bertambah, ia berani menentang hukum Allah tapi masih sehat-sehat saja dst... itu tiada lain agar Allah menjadikan ia semakin larut dalam kesesatan dan kemaksiatanya sampai Allah SWT mencabut nyawanya... naudzubillahi min dzalik.

Wallahu A'lam

(Ust. Agus Sopian)

loading...