Di Tengah Negaranya Menghadapi Corona, Turki "Masih Sempat" Sumbang 1 Rumah Sakit Untuk Gaza


[PORTAL-ISLAM.ID]  GAZA - Di saat dunia berkecamuk menghadapi Covid19, Turki masih sempat menyumbangkan satu rumah sakit lengkap dengan fasilitasnya untuk rakyat Gaza. Yah, yang paling dibutuhkan manusia saat ini adalah kemanusiaan. Barakallah @RTErdogan.

Rumah Sakit Persahabatan Palestina-Turki di Jalur Gaza telah mulai beroperasi dalam upaya untuk mengekang virus corona baru, juru bicara Otoritas Palestina (PA) mengumumkan kemarin, Selasa (31/3/2020).

"Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan mitranya dari Turki Recep Tayyip Erdogan telah sepakat dalam panggilan telepon untuk mulai [mengoperasikan] rumah sakit di Gaza," Ibrahim Melhem mengatakan kepada wartawan di Ramallah.

Melhem berterima kasih kepada pemerintah dan warga Turki atas "dukungan berkelanjutan mereka kepada rakyat Palestina."

Pembangunan rumah sakit, yang didanai oleh departemen pemerintah Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA), ini ditetapkan sebagai salah satu rumah sakit terbesar di Palestina yang dibangun di atas area seluas 34.800 meter persegi, yang terdiri dari enam lantai dan kapasitas 180 tempat tidur.

TİKA adalah departemen pemerintah Turki dibawah kepresidenan yang bertanggung jawab atas pengorganisasian sebagian besar bantuan pembangunan resmi Turki ke negara-negara berkembang.

Otoritas Palestina mengkonfirmasi 117 kasus virus covid-19, terbanyak di Tepi Barat, ada 10 kasus di Jalur Gaza yang berasal dari kedatangan dari bepergian luar Gaza.

Sistem kesehatan Gaza telah dibatasi oleh blokade 13 tahun Israel di tengah kekurangan obat-obatan dan peralatan.

[Simak Video]
Sumber: MEMO