YIM: Gus Solah, Salah Satu Sebaik-baik Manusia, Umat dan Bangsa Kita Kehilangan Tokoh Besar

1. Gus Solah berpulang ke Rahmatullah tadi malam. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu ‘anhu. Kita sama2 mendoakan semoga Allah SWT mengampuni segala kekhilafan beliau, mengasihi beliau dan mengangkatnya ke derajat yang mulia.

2. Gus Solah adalah salah satu sebaik-baik manusia yang saya kenal. Beliau tergolong manusia penyabar, lapang dada dan pikirannya jernih dalam melihat segala sesuatu, walaupun itu terkait dengan lingkungan internal sekitar beliau.

3. Beliau adalah anak zaman. Lahir dari keluarga santri dan keluarga inti pendiri NU. Kuliah di ITB. Beliau memahami alam pikiran tradisional umat Islam dan memahami dinamika pemikiran zaman modern. Karena itu sikap beliau selalu moderat, akomodatif dan sangat menghormati tradisi.

4. Bila berjumpa dengan beliau, saya selalu berbincang2 mulai dari masalah keluarga, masyarakat, umat, politik dan persoalan besar yang tengah dihadapi bangsa kita. Beliau selalu ramah dalam menyimak dan memberi pandangan. Beliau tipe manusia problem solver, bukan trouble maker.

5.  Umat Islam dan bangsa kita kehilangan tokoh besar dalam panggung sejarah bangsa. Semoga akan lahir tokoh, aktivis, pemikir dan ulama dari kalangan umat Islam yang seperti beliau. Tokoh umat Islam yang moderat dan faham perkembangan zaman seperti beliau makin sedikit.

6. Sementara sebagai bangsa, kita menghadapi persoalan2 besar dan tantangan berat di masa depan. Semua itu hanya akan mampu diatasi dengan komitmen keislaman dan kebangsaan yang kuat, kecerdasan berpikir dan kemampuan bertindak pada waktu yg tepat.

7. Gus Solah telah memberi banyak teladan dan pelajaran kepada kita semua. Semoga jalannya di akhirat, dilapangkan oleh Allah SWT. Keluarga beliau diberikan ketabahan dan kesabaran. Dan kita umat Islam meneladani apa yang telah beliau kerjakan bagi kebaikan umat dan bangsa kita..

Oleh: Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra

(Dari twitter @Yusrilihza_Mhd 03/02/2020)

Baca juga :