Prabowo Menang, Utang dan Proyek China Akan Ditinjau Ulang


[PORTAL-ISLAM.ID] Media internasional ternama Bloomberg melaporkan proyek-proyek dan utang China bakal ditinjau ulang jika Prabowo menang pilpres 17 April besok.

Prabowo diperkirakan akan meniru langkah PM Malaysia Mahathir Mohamad yang setelah memenangkan pemilu melakukan peninjaun bahkan penghentian proyek-proyek China.

Prabowo has said he welcomes Chinese investment but it must also benefit Indonesia. He has vowed to review the high-speed rail project, and also to get a fairer deal in trade with Beijing. Indonesia’s trade deficit with China surged to $18.4 billion last year, up from about 40 percent since Jokowi came to power in 2014.

Prabowo mengatakan dia menyambut investasi Cina tetapi juga harus menguntungkan Indonesia. Dia telah bersumpah untuk meninjau proyek kereta api berkecepatan tinggi, dan juga untuk mendapatkan kesepakatan perdagangan yang lebih adil dengan Beijing. Defisit perdagangan Indonesia dengan Cina melonjak menjadi $ 18,4 miliar tahun lalu, naik dari sekitar 40 persen sejak Jokowi berkuasa pada tahun 2014.

Indonesia May Be Next Asian Country to Spurn China in Election

Hasil Pilpres, Indonesia kemungkinan akan menjadi negara Asian berikutnya yang menolak China

Link: https://www.bloomberg.com/news/articles/2019-03-31/indonesia-may-be-next-asian-country-to-spurn-china-in-election

Peninjauan ulang utang dan investasi proyek-proyek China ini mendapat dukungan.

"Kalau @prabowo Menang.. Kita minta @bpkri audit hutang yang dipinjam tanpa prosedur dan membahayakan ekonomi kita...," kata Fahri Hamzah di akun twitternya.
Baca juga :