Pidato Erdogan di Sidang Umum PBB Mengguncang Tatanan Dunia Yang Dimonopoli AS


[PORTAL-ISLAM.ID] Sultan Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pidatonya yang menggugah didepan Sidang Majelis Umum PBB ke-73 yang diadakan di New York, Selasa (25/9/2018), menyampaikan:

1. 62 orang dimuka bumi ini memiliki kekayaan setara dengan kekayaan 3.6 milyar penduduk bumi.

2. Dunia ini terlalu sempit jika hanya dikuasai oleh 5 negara, mengisyaratkan kepada 5 negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto.

3. Maulana Jalaluddin Rumi mengatakan bahwa keadilan adalah menempatkan segalanya pada tempatnya, menurut saya (Erdogan) keadilan adalah menyampaikan kepada yang berhak, PBB harus menjadi corong keadilan.

4. Marilah kita bentuk sistem global yang bisa mengulurkan tangannya kepada para kaum yang dizalimi dan memenuhi kebutuhan para kaum fakir miskin, orang orang kelaparan dan menyediakan masa depan yang cerah untuk siapapun.

5. Jadikan PBB menjadi sumber keadilan bukan kezaliman.

6. Turki sudah menampung 3.5 juta pengungsi Suriah dan telah mengeluarkan uang sebesar 32 milyar dollar untuk mereka. Kami (pemerintah Erdogan) membiayai 600 ribu anak Suriah di sekolah sekolah Turki.

7. Seluruh wilayah utara Suriah yang kami kuasai untuk rakyat Suriah kami lindungi dan kami tanggung pembiayaan hidup mereka.

8. Dengan segala beban berat masalah Suriah yang kami pikul, dunia internasional hanya menyumbang 600 juta dollar (Uni Eropa).

9. Uni Eropa dikatakan Erdogan telah berjanji memberikan bantuan "hanya" 3 milyar euro, itupun realisasinya sulit karena banyak syarat dan ikatan proyek. Tidak seperti kami (yang dalam membantu tidak memandang bulu dan mengajukan syarat syarat yang berat).

10. Turki sudah diakui menjadi negara nomor satu yang paling banyak memberikan bantuan kemanusiaan dan nomor 6 dunia dalam peranannya membangun sumberdaya manusia di muka bumi ini.

11. Baru kemarin di kota Sotchi bersama Russia kami berhasil mencegah ancaman pertumpahan darah yang berskala besar di kota Idlib oleh rezim berdarah Assad.

12. Di Amerika tempat saya berpidato ada jaringan terror berbaju jaringan pendidikan (Gullen) yang mendapatkan bantuan anggaran pendidikan Amerika sebesar 700 juta dollar amerika. Jaringan itu menumpahkan darah di Turki dalam kudeta yang gagal, Gullen harus diusir dari Amerika dan serahkan ke kami. Mengapa Gullen sangat dilindungi oleh Amerika?

13. Perang dagang yang dilancarkan Trump sangat membuat manusia menderita. Mereka menanggung akibat dari kecerobohan dan kecongkakan (Trump). Kita harus mengatasi kekacauan ekonomi dan politik dunia (yang diakibatkan oleh kecongkakan Trump ini).

Saya bermimpi...jika kenyataan diatas sedang dipidatokan dan dilaksanakan SECARA NYATA oleh Presiden Indonesia.........yang katanya memiliki jumlah muslim terbesar di dunia... Kira kira kapan yaa.....

(Mutawakkil AR)

[Video - Kutipan Pidato Erdogan di Sidang Umum PBB]