Nasib Trump... Ditertawakan Saat Pidato di PBB, Diolok-olok Publik AS


[PORTAL-ISLAM.ID] New York - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjadi bahan olokan rakyatnya sendiri setelah ditertawakan saat berpidato di hadapan Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Olokan untuk Trump banyak dilontarkan via media sosial.

Momen Trump ditertawakan itu terjadi saat dia berpidato di hadapan Sidang Majelis Umum PBB pada Selasa (25/9/2018) waktu setempat. Dalam pidatonya, Trump menggembar-gemborkan pencapaian pemerintahan AS sejak dia menjabat awal tahun 2017 lalu. Dia bahkan mengklaim pencapaian pemerintahannya melebihi pencapaian setiap pemerintahan yang pernah ada dalam sejarah AS.

"Dalam waktu kurang dari dua tahun, pemerintahan saya telah mencapai lebih banyak hal dibandingkan nyaris setiap pemerintahan dalam sejarah negara kami," klaim Trump dengan percaya diri, yang menuai kegaduhan dan tawa di aula Sidang Majelis Umum PBB di New York.

[video - pidato Trump]

Seperti dilansir The Washington Post, Rabu (26/9/2018), olok-olokan untuk Trump tidak hanya muncul dari publik AS pengguna media sosial tapi juga datang dari mantan pejabat AS dan publik figur setempat.

"Di satu sisi, Anda merasa, 'Ya Tuhan, betapa buruknya saat Presiden Amerika ditertawakan di panggung dunia'," sebut Julie Smith yang pernah menjabat sebagai wakil penasihat keamanan nasional untuk mantan Wakil Presiden AS Joe Biden.

"Tapi di sisi lain, Anda merasa senang karena Trump akhirnya keluar dari gelembung kampanye politik yang terus memberikan kesan kepadanya bahwa semua orang setuju dengan klaim-klaim palsu yang disampaikannya," imbuh Smith.

"Ada momen saat saya berpikir: 'Ini baik karena presiden terekspose pada bagaimana cara dunia memandang dirinya'," sebutnya.

Kritikan lain datang dari bekas penasihat top mantan Presiden AS Barack Obama, Ben Rhodes. Semasa Obama menjabat, Rhodes banyak membantu menyusun pidato-pidato Obama dalam forum PBB. "Presiden-presiden Amerika terbiasa menetapkan agenda global di UNGA (Sidang Majelis Umum PBB). Sekarang Trump ditertawakan," sebut Rhodes dalam pernyataan via Twitter.


Kepala Biro Gedung Putih di The Washington Post, Philip Rucker, tak kalah pedas.

"Trump telah lama menyerang Obama dengan mengklaim bahwa dunia sedang menertawakan kepemimpinannya.

Hari ini, para pemimpin dunia di PBB menertawakan klaim Trump atas klaimnya bahwa pemerintahannya telah mencapai lebih dari yang ada dalam sejarah AS," ujar Philip Rucker.



Komedian Amerika, Dean Obeidallah: