Dukungan HRS Jadi KUNCI Kemenangan Prabowo-Sandi, Benarkah?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby menilai sosok Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab bisa menjadi kunci dalam kemenangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Habib Rizieq dianggap mewakili dukungan para ulama dan pengikutnya.

“Peran (Habib) Rizieq terhadap Prabowo-Sandi memang inilah kuncinya ya. Salah satu amunisi yang mungkin akan menjadi titik balik pasangan Prabowo-Sandi adalah ke mana dukungan ulama dan salah satu simbolnya Habib Rizieq,” kata Adjie di Gedung LSI, Jakarta Pusat, Selasa 21 Agustus 2018.

Adjie berpendapat, Habib Rizieq akan muncul di menit-menit terakhir dan menjadi kejutan di Pilpres 2019. Apalagi hingga saat ini Habib Rizieq belum secara resmi menyampaikan dukungannya ke paslon manapun.

“Mungkin last minute baru muncul Habib Rizieq dengan dukungan full untuk Prabowo-Sandi dan itu bisa jadi titik balik Prabowo-Sandi dalam pertarungan nanti. Kapan turunnya mungkin menjelang pilpres bisa saja beliau muncul kalau Prabowo-Sandi butuh satu gebrakan yang besar menarik dukungan pemilih Islam,” jelasnya.

Adjie menyebut, hingga saat ini, Habib Rizieq memang belum memberi keterangan pasti terkait dukungan di Pilpres 2019. Hal tersebut menurutnya bisa jadi karena Prabowo tak melaksanakan hasil rekomendasi dari ijtima ulama.

Namun Adjie yakin imam besar FPI itu tetap mempertimbangkan untuk mendukung Prabowo karena kandidat capres tak berubah yakni Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

“Kita lihat memang sampai saat ini belum jelas arah dukungan Habib Rizieq. Belum ada statement dari Habib Rizieq dan ulama yang infonya juga kecewa dengan pemilihan cawapres yang dilakukan Prabowo karena semua hasil ijtima ulama tidak diambil,” kata Adjie.

“Tapi kalau kita lihat sebetulnya capresnya sama, Prabowo Subianto. Saya menduga mungkin saja posisi para ulama termasuk Habib Rizieq tetap di Prabowo-Sandi tapi momentumnya saja yang ditunggu,” jelasnya.

Sumber: Swamedium