Bantu Turki Melawan "Perang Ekonomi" Amrik, Qatar Kucurkan Investasi $15 Miliar dan Beli Lira Puluhan Juta Dolar


[PORTAL-ISLAM.ID] Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al-Thani mengunjungi Ankara pada Rabu (15/8/2018) dalam sebuah pertunjukan nyata dukungan untuk Turki. Qatar mengucurkan $15 miliar (atau Rp 220 Triliun) dalam investasi langsung di negara yang kini terlibat dalam krisis dengan AS.

Emir Qatar disambut di Kompleks Presiden di Ankara dalam upacara resmi. Dia bertemu Presiden Recep Tayyip Erdoğan. Kedua pemimpin membahas sanksi AS terhadap Turki, hubungan bilateral serta perkembangan regional lainnya. Mereka ditemani oleh Menteri Keuangan Turki Berat Albayrak dan Menkeu Qatar Ali Sharif Al-Emadi.

Al-Thani mengatakan bahwa paket investasi akan segera dihidupkan.

"Kami peduli dengan kunjungan ini. Itu menandakan bahwa Qatar di samping Turki," Juru Bicara Kepresidenan İbrahim Kalın mengatakan pada konferensi pers sebelum pertemuan hari Rabu.

Duta Besar Qatar untuk Turki Salem bin Mubarak Al Shafi juga mengatakan pada hari Rabu bahwa negaranya akan terus mendukung Turki menyusul sanksi AS yang baru-baru ini dijatuhkan pada negara tersebut. "Negara Qatar selalu proaktif dalam mendukung saudara-saudaranya Turki," kata Al Shafi kepada Anadolu Agency, Rabu.

Qatar, katanya, akan terus mendukung Turki, seperti yang terjadi selama upaya kudeta yang gagal pada pertengahan 2016.

Al Shafi menyebut bahwa kunjungan Emir Qatar Hamir Tamim bin Hamad ke Turki pada hari Rabu menunjukkan "kedalaman hubungan Qatar-Turki".

Kunjungan emir itu, kata diplomat itu, "akan berfungsi untuk mengkonfirmasi hubungan erat antara Qatar dan orang-orang Turki dan posisi umum mereka berhadap-hadapan dengan banyak tantangan yang mereka hadapi".

Al Shafi juga menuturkan Qatar baru-baru ini membeli lira Turki senilai puluhan juta dolar dengan tujuan mendukung mata uang Turki melawan dolar AS.

Inilah ukhuwah Islamiyyah dua negeri muslim melawan kepongahan Trump.

"Kami berdiri bersama saudara kami bangsa Turky yang senantiasa berdiri bersama permasalahan umat dan bangsa Qatar. Dan dalam pertemuan saya dengan yang mulia presiden Erdogan hari ini di Ankara, kami menyepekati investasi senilai 15 M USD di Turky, negara yang memiliki alam ekonomi yang sungguh produktif dan kokoh," kata Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al-Thani di akun twitternya.


Sumber: Daily Sabah