BEDA Ekspresi Wajah Jokowi Saat Pelantikan Anies dan Ahok, Pertarungan 2 Matahari di Ibu Kota


[PORTAL-ISLAM.ID] Ekspresi wajah tanda kecewa atau senang gembira memang tak bisa disembunyikan. Karena wajah adalah pancaran dari apa yang ada di lubuk sanubari.

Mungkin itulah yang ditangkap publik melihat pelantikan Gubernur DKI, antara Ahok dan Anies, yang sama-sama dilantik di Istana Negara, dan sama-sama dilantik langsung oleh Presiden Jokowi.

Saat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Gubernur DKI Jakarta (menggantikan Jokowi, Ahok sebelumnya Wakil Gubernur) di Istana Negara pada 19 November 2014, tampak wajah riang gembira Jokowi.

Saat Jokowi menyalami Ahok pada saat pengambilan sumpah sebagai gubernur. Jokowi tak hanya riang gembira, bahkan hingga terkekeh agak membungkuk.

Namun, saat melantik Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI pada 16 Oktober 2017 di Istana Negara, ekspresi Jokowi tampak datar. Tak nampak keriangan apalagi terkekeh.

Tak salah kalau dosen UI Rocky Gerung di ILC tvOne Selasa (17/10) kemarin menyatakan sekarang ini di Ibu Kota Jakarta ada 2 matahari. Ada matahari yang terbit dari Merdeka Selatan (Balai Kota Jakarta) dan ada matahari yang terbit dari Merdeka Utara (Istana Negara).

"Saya tidak tahu mana yang akan (terus) terbit, dan mana yang akan tenggelam," kata Rocky Gerung.


Ini juga yang membuat pengamat dari Barat Tom Pepinsky, dosen perbandingan politik program Asia Tenggara, Universitas Cornell, Amerika Serikat, menyebut pidato Anies Baswedan saat serah terima jabatan sebagai Gubernur DKI di Balai Kota disebut layaknya Pidato seorang Presiden.

Waktu yang akan menunjukan, mana yang akan tenggelam dan mana yang terus terbit.