SEBENARNYA TURUNNYA AL-QURAN MALAM 17 ATAU MALAM LAILATUL QADAR?

SEBENARNYA TURUNNYA AL-QURAN MALAM 17 ATAU MALAM LAILATUL QADAR?

Nuzulul Qur'an diperingati pada malam 17 Ramadhan, artinya adalah memperingati turunnnya al Quran pertama kali kepada Nabi Muhammad Saw. ketika beliau berkhalwat di Gua Hira, yakni Surat Al-'Alaq (Iqra) ayat 1-5.

Adapun turunnya Al Quran di malam Lailatul Qadar maksudnya adalah diturunkannya Al-Qur'an dari Lauhil Mahfudz ke Baitul Izzah atau langit dunia.

Hal ini senada dengan dawuh Ibnu Abbas dan sahabat² yang lain:

ﻗَﺎﻝَ اﺑْﻦُ ﻋَﺒَّﺎﺱ ﻭَﻏَﻴْﺮُﻩُ: ﺃﻧْﺰَﻝَ اﻟﻠﻪُ اﻟﻘُﺮْﺁﻥَ ﺟُﻤْﻠَﺔً ﻭَاﺣِﺪَﺓً ﻣِﻦَ اﻟﻠَّﻮْﺡِ اﻟﻤَﺤْﻔُﻮْﻅِ ﺇِﻟَﻰ ﺑَﻴْﺖِ اﻟﻌِﺰَّﺓِ ﻣِﻦَ اﻟﺴَّﻤَﺎءِ اﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ، ﺛُﻢَّ ﻧَﺰَﻝَ ﻣُﻔَﺼَّﻼً ﺑِﺤَﺴَﺐِ اﻟﻮَﻗَﺎﺋِﻊِ ﻓِﻲ ﺛَﻼَﺙٍ ﻭَﻋِﺸْﺮِﻳْﻦَ ﺳَﻨَّﺔً ﻋَﻠَﻰ ﺭَﺳُﻮْﻝِ اﻟﻠﻪِ ﷺ، ﺛُﻢَّ ﻗَﺎﻝَ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻣُﻌَﻈَّﻤًﺎ ﻟِﺸَﺄْﻥِ ﻟَﻴْﻠَﺔِ اﻟﻘَﺪْﺭِ اﻟَّﺘِﻲ اﺧْﺘَﺼَّﻬَﺎ ﺑِﺈﻧْﺰَاﻝِ اﻟﻘُﺮْﺁﻥِ اﻟﻌَﻈِﻴﻢِ

Ibnu Abbas dan sahabat² yang lain berkata: Allah Swt. menurunkan Al-Qur'an (di malam Lailatul Qadar) keseluruhannya dari Lauhil Mahfudz ke Baitul Izzah dari langit dunia, kemudian secara berkala diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. selama 23 tahun. 

Allah Swt. mengagungkan malam lailatul qadar dengan firman-Nya dalam Al Quran, bahwa malam itu adalah malam di turunkannya Al Quran.

(Sumber: Tafsir Ibnu Katsir juz 8 hal 425)

Baca juga :